Ikatan Keluarga Masyarakat Rohil di Pekanbaru Gelar Halal bi Halal

Dibaca: 43384 kali  Sabtu, 15 Juli 2017 | 10:25:39 WIB
Ikatan Keluarga Masyarakat Rohil di Pekanbaru Gelar Halal bi Halal
Ket Foto : foto Rtc

PEKANBARU - riautribune : Ikatan Keluarga Masyarakat Rokan Hilir (IKM-Rohil) Pekanbaru gelar halal bi halal di salah satu hotel, Pekanbaru. Gubernur dan wakil Gubernur Riau, Bupati dan wakil Bupati Rohil, Forkompinda Rohil dan sejumlah undangan lainya hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan yang mengangkat tema "Dengan halal bi halal sucikan hati, bersihkan diri, bangun sinergi menuju masyarakat Rokan Hilir madani dan mandiri yang sejahtera" ini juga dilaksanakan tepuk tepung tawar sebagai wujud syukur atas dilantiknya Wan Thamrin Hasyim sebagai wakil Gubernur Riau sekaligus pelepasan calon jemaah haji warga Rohil Pekanbaru 1438 Hijriah/2017 Masehi. Wan Thamrin Hasyim merupakan putra asli Rohil.

"Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan tahunan yang kita adakan. Jumlah masyarakat Rohil di Pekanbaru yang akan mengikuti ibadah haji sekitar 12 orang," kata Sulaiman, Ketua Pelaksana dalam sambutannya, Jumat malam (14/07/17).

Sementara itu, Asri Auzar, Ketua IKM-Rohil Pekanbaru dalam sambutannya mengajak masyarakat Rohil yang ada di Pekanbaru untuk bersama-sama berkonstribusi sekaligus melihat kondisi APBD Rohil yang totalnya jauh menurun dari tahun sebelumnya.

"Regulasi yang dibuat pusat jelas menekan kabupaten yang ada di Indonesia, termasuk Rohil. Untuk itu mari kita arahkan tenaga dan mata kita ke kampung kita yang saat ini kondisinya dalam keadaan susah, defisit anggaran. Jangan sampai bupati saja yang memikirkannya sendiri, mari kita bersama-sama juga," imbaunya.

Berhubung ada Gubernur Riau, anggota DPRD Riau menyampaikan harapan kepada gubernur jika masih ada anggaran provinsi terutama dalam hal untuk pembangunan, maka alangkah baiknya diserahkan ke Rohil.

Suyatno, Bupati Rohil tampak mengapresiasi kegiatan halal bi halal tersebut. Ia pun mengakui jika total APBD Rohil tahun ini menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini, total APBD Rohil sekitar Rp1,5 triliun berbeda dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp2,7 triliun.

"Sekitar Rp800 miliar habis untuk belanja pegawai dan honor. Lebihnya itulah yang kami bagi-bagi untuk pembangunan dan lainnya. Kepada pak gubernur, kami mohon bantuannya selalu, begitu juga kerjasama semua pihak sangat diharapkan untuk mengatasi ini," ujarnya.

Ia pun tampak bersyukur, tahun ini Rp195 miliar dana APBD Riau sudah masuk ke Rohil. Bantuan Keuangan mencapai Rp80 miliar. Dana APBN yang masuk baru sekitar Rp58 miliar untuk pembangunan Jembatan Ujung Tanjung.(rtc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »