PT Chevron Berpeluang Perpanjang Kontrak Blok Rokan

Dibaca: 48165 kali  Rabu, 12 Juli 2017 | 11:04:06 WIB
PT Chevron Berpeluang Perpanjang Kontrak Blok Rokan
Ket Foto : Ilustrasi/Net

PEKANBARU - riautribune : Kontrak PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) mengelola Blok Rokan yang berada di Kabupaten Kampar, Siak, Bengkalis, Rokan hilir dan Kota Dumai Provinsi Riau akan berakhir pada 2021 mendatang. Namun perusahaan Amerika itu masih berpeluang mendapat perpanjangan kontrak dari pemerintah di ladang minyak terbesar di Indonesia tersebut.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sumatera Bagian Utara, Rudi Fajar di Pekanbaru mengungkapkan, pemerintah sangat mempertimbangkan perpanjangan kontrak bagi kontraktor eksisting yang berkinerja bagus, rajin berinvestasi dan menjaga tingkat produksi agar tidak anjlok.

"Selama ini umumnya kontraktor mengurangi investasi ketika belum mendapat kepastian perpanjangan kontrak karena takut rugi, akibatnya produksi Migas menurun. Padahal bila produksi tidak menurun, maka pemerintah sangat mempertimbangkan kelanjutan kontrak," kata Rudi Fajar.

Disebutkan, faktor lain yang menjadi pertimbangan adalah sejauh ini, PT Chevron merupakan kontraktor paling berpengalaman dan terbesar di Indonesia //

"Walaupun ada kekhawatiran tidak ada investasi karena sudah akan berakhir, tetapi sudah diatur Permen ESDM, operator diminta tetap melakukan investasi sedangkan biaya yang dikeluarkan dibebankan jadi cost recovery sesuai ketentuan yang berlaku," imbuhnya.

Blok Rokan memiliki luas 6.264 km2 pada 2016 lalu masih mampu menghasilkan minyak hingga 256.000 BPH, hampir sepertiga dari total produksi minyak nasional saat ini. (lem/rul)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Ekonomi" Index »

Rabu, 25 April 2018 - 22:56:08 WIB

Sedang Asyik Merekap Nomor, Dua Lelaki di Inhil Diamankan Polisi

Sedang asyik merekap nomor sie jie, dua orang lelaki, diamankan Unit Opsnal Sat Reskrom Polres Indragiri Hilir, Rabu, 25 April 2018. Penangkapan kedua tersangka kasus tindak perjudian itu, dibenarkan oleh Kapolres Indragiri Hilir AKBP Christian Rony, S.I.K., M.H., melalui Kasat Reskrim Polres Indragiri Hilir AKP M. Adhi Makayasa, S.H., S.I.K., kepada awak tribratanews.polri.go.id. "Salah seorang pelaku adalah pemain lama, dan pernah dihukum karena kasus yang sama, pada tahun 2013", terang AKP Adhi.