Dishub Pekanbaru Rencananakan Penambahan Rute Bus TMP

Dibaca: 11245 kali  Selasa, 11 Juli 2017 | 17:01:48 WIB
Dishub Pekanbaru Rencananakan Penambahan Rute Bus TMP
Ket Foto : foto internet

PEKANBARU - riautribune : Sebagai angkutan massal yang disubsidi oleh Pemerintah, keberadaan Trans Metro Pekanbaru (TMP) sangat diperlukan oleh masyarakat. Semakin hari, pemanfaatan bus yang di dominasi berwarna biru laut itu semakin bertambah.

Kepala UPTD Pengelolaan Angkutan Perkoraan (PAP) Dishub Pekanbaru Wisnu Heryanto, Selasa (11/7) mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pada tahun 2018 mendatang akan melakukan penambahan rute. Pasalnya usulan penambahan koridor sudah dilakukan. Yakni ke arah Tenayan Raya. Jika itu disahkan maka total jumlah koridor bus TMP nanti menjadi 10 koridor. sebanyak 80 unit bus yang akan dioperasikan pada Januari 2018 mendatang.

"Persiapan yang pasti kami lakukan perawatan. Pokoknya bagaimana di Januari 2018 semua bus yang direncanakan berjalan, harus berjalan. Pelayanan ini juga dalam rangka menjadikan Pekanbaru smart city yang madani," ujar Wisnu

Selain penambahan rute, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru sebagai leading sektornya akan membangun juga halte. Karena bus TMP juga akan melayani para pegawai ke kantor Tenayan Raya dan masyarakat.

"Persiapan untuk penambahan juga sudah dilakukan. Mudah-mudahan tahun depan sudah beroperasi sesuai terget," ungkapnya. Menurut Wisnu, adapun bus yang akan dioperasikan sebagai tambahan sebanyak 80 unit, yang terdiri dari 50 unit bus besar dan 30 unit bus ukuran sedang.

"Bus kamikan seluruhnya ada 100 unit yang belum jalan. Sedangkan, 75 bus bantuan baru dan 25 yang lama. Nah, yang lama ini kan rusak baru diperbaiki sekitar 11 unit. Jika ditotalkan ada sekitar 86 unit yang ready. Akan tetapi kami harus cadangkan 6 unit. Sehingga untuk tambahan ada sekitar 80," jelas Wisnu.

Dikatakan Wisnu, saat ini hanya ada sebanyak 45 bus yang baru bisa dioperasikan. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh pihak Pemerintah untuk operasional bus berubsidi.

"Dengan adanya subsidi ini lah.  Maka ongkos yang dibayarkan oleh warga jadi lebih murah. Yakni sebesar Rp4 ribu untuk sekali jalan," tutupnya.(ra)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Rabu, 20 September 2017 - 14:54:07 WIB

Momo Gheisa Tiba di Rumah Duka, Isak Tangis Pun Membahana

Veronica Morina Sinaga atau yang dikenal sebagai Momo Geisha, tiba di rumah duka Jalan Kurnia, Kelurahan Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, pada Rabu (20/9/2017) sekitar pukul 12.50 WIB. Kedatangan Momo karena mendapat kabar, Sang Ayah Jabonar yang juga wartawan senior di Kabupaten indragiri Hulu Rengat.