Ribuan Massa Meriahkan Pelantikan IKNR Inhu

Pj. Bupati: Ormas Jangan Dieksploitasi

Dibaca: 58213 kali  Senin, 21 September 2015 | 09:36:55 WIB
Pj. Bupati: Ormas Jangan Dieksploitasi
Ket Foto : Pelantikan DPD dan DPC Ikatan Keluarga Nias Riau (IKNR) Kab. Inhu di Lapangan Terbuka Hijau Rengat, Sabtu (19/9/2015)

RENGAT-riautribune: Kata "Yaahowu" pun bergema saat pelantikan pengurus IKNR (Ikatan Keluarga Nias Riau) Kabupaten Indragiri Hulu di Rengat, Sabtu (19/9) kemarin. Kata Yaahowu bermakna salam khas masyarakat Nias yang diucapkan ketika bertemu seseorang atau memulai kegiatan.

Kata itu pula yang diucapkan Asisten ADM Pemerintahan Umum H. Asriyan mewakili Pj. Bupati Inhu, H. Kasiarudin, SH mengawali sambutannya pada pengukuhan Pengurus DPD IKNR Indragiri Hulu periode 2015-2019. Tampak hadir Muspida dan Penasihat DPD IKNR Inhu, H. Yopi Arianto, SE pada pengukuhan IKNR yang digelar di lapangan hijau terbuka Rengat, kemaren.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati berharap ormas tidak dieksploitasi menjadi sebuah perbedaan. Namun, alangkah indah jika keberagaman itu dibungkus menjadi kekuatan untuk membantu pemerintah memajukan Inhu lebih baik. "Ormas IKNR jangan menjadi alat politik yang mengakibatkan perpecahan atau pengkotak-kotakan. Mari jadikan keragaman menjadi indah dan ciptakan Pilkada yang aman tertib dan kondusif," harap Asriyan mewakili Pj. Bupati.

Ketua DPD Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Riau, Drs. Sozifao, MSi disela pelantikan mengatakan, jumlah warga Nias di Inhu saat ini sudah mencapai 4.000 jiwa. Populasi itu sudah berada di Inhu terhitung sejak tahun 1972 silam. Namun, katanya, meski sudah berdomisili puluhan tahun, baru sebagian yang tercatat sebagai warga Inhu.

Pelantikan ormas IKNR dimeriahkan ribaun warga dan etnis Nias yang memadati lapangan hijau terbuka Rengat. Mereka seakan terhipnotis dengan pagelaran tari budaya perang khas Nias, tari massal Mawena hingga atraksi lompat batu yang sudah terkenal ke manca negara. Puluhan pemuda yang sudah terlatih, mempertontonkan aktraksi melompat tembok batu dengan ketinggian mencapai 2,5 meter.

Pada kesempatan itu, Penasihat IKNR Inhu H. Yopi Arianto, SE, menyerahkan bantuan uang tunai puluhan juta rupiah kepada panitia pelaksana pelantikan. Bantuan tersebut, dikatakan Yopi, ebagai bentuk apresisasi dan dukungannya untuk mensukseskan prosesi pelantikan. Yopi berharap, dengan keberadaan IKNR, semakin menciptkan keharmonisan antar etnis di Inhu dengan mengesampingkan perbedaan. (san)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »