Wabup Alfedri Ajak Masyarakat untuk Tidak Bakar Lahan

Dibaca: 22715 kali  Senin, 05 Juni 2017 | 14:52:02 WIB
Wabup Alfedri Ajak Masyarakat untuk Tidak Bakar Lahan
Ket Foto : foto internet

SIAK SRI INDRAPURA - riautribune : Sesuai dengan data yang dikeluarkan oleh BMKG Riau, bulan juli keatas sudah memasuki musim panas, Kepada masyarakat dihimbau untuk tidak membakar hutan dan lahan.

"Lebih baik kita mencegah sebelum terlambat, karena kebakaran hutan dan lahan ini padat menyebapkan kabut asap, kalau sudah kabut asap pesawat Water Booming pun payah untuk memadamkan api di lokasi yang terbakar, karena tertutup kabut asap tebal," kata Wakil Bupati Siak Alfedri, Sabtu (3/5/17) di Sungai Mandau.

"Kabut Asap ini juga berdampak terhadap terhambatnya aktifitas manusia anak-anak tidak bisa sekolah, yang sakit juga banyak dan ekonomi pun menjadi lumpuh. Kalau semua masyarakat tidak membakar lahan tentunya tidak ada titik api, dan juga tidak ada asap," kata Alfedri.

Menurutnya, dari total luas Kabupaten siak 50 persenya terdiri dari lahan gambut, dan sebahagian besar lahan gambut itu berada dikawasan hutan. Tentunya pada saat musim kering seperti saat sekarang sangat rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Membakar lahan ini sangsinya sangat berat, polisi pun bertindak sangat keras, Sebagai mana kita ketahui bersama permasalahan asap ini sudah menjadi isu nasional, Undang-undang lingkungan hidup mengatur dan melarang keras bagi setiap koorporasi (Perusahaan), Kelompok usaha tani, atau pun masyarakat untuk tidak membakar lahan baik sengaja atau pun tidak dengan sengaja," kata Alfedri.

Lanjutnya, ini sudah kesepakan antara pemerintah dengan penegak hukum, kami tidak mau masyarakat kita gara-gara bakar lahan, kemudian berurusan dipanggil polisi dan di tahan, tentu penghulu dan aparat kampung dipangil oleh Babinkamtibmas.

"Saat ini kita sangat mudah mengetahui keberadaan titik api, melalui pantauan satelit NOA dengan cepat kita sudah mengetahui dimana hot sport atau titik api berada, kita berharap kabupaten siak bebas dari titik api," kata Alfedri.

Untuk itu dibutuhkan kesadaran bersama baik masyarakat maupun pemerintah kata Alfedri, untuk tidak membakar hutan dan lahan disaat musim kering seperti saat ini, kepada Camat dan kepala kampung dirinya menghimbau agar mengingatkan masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan, lebih baik mencegah sebelum terlambat.(rb)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »