Kita Indonesia, Kita Pancasila Memperkuat Pengamalaman dalam Kehidupan Bernegara

Dibaca: 19920 kali  Jumat, 02 Juni 2017 | 10:17:54 WIB
Kita Indonesia, Kita Pancasila Memperkuat Pengamalaman dalam Kehidupan Bernegara
Ket Foto :

PEKANBARU-riautribune :  1 Juni merupakan momentum bersejarah bagi perjalanan perjuangan bangsa Indonesia. Momentum tersebut merupakan hari lahirnya Pancasila. Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Proklamator bangsa Ir Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara yang membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan bangsa.

Demikian yang disampaikan Rektor Universitas Riau (UR), Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UR, Dr Syapsan ME sebagai pembina upacara saat membacakan pidato presiden Republik Indonesia di hadapan peserta upacara bendera memperingati hari Pancasila di lingkungan UR, Kamis (1/6).

“Melalui momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, kita berharap dapat meningkatkan dan memperkuat pengalaman Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang sedang mengalami tantangan, kebinekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan tindakan yang mengancam kebinekaan dan keikaaan kita yang di perparah lagi oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak mengaungkan hoax atau kabar bohong,” ucap Syapsan.

“Melalui tema hari Lahir Pancasila tahun 2017 “Kita Indonesia, Kita Pancasila,” kita berharap dapat meningkatkan dan memperkuat pengalaman Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan. Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai pogram lainnya, yang menjadi bagian integral dan pengalaman nilai-nilai Pancasila,” jelas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UR.

Lebih lanjut, melalui pidato Presiden Republik Indonesia pada upacara bendera hari Pancasila tahun 2017 ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UR, juga mengajak  agar seluruh pegawai UR mulai dari tenaga pendidik maupun kependidikan baik berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil maupun honorer hendaklah dapat menjadikan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan perdamaian dan persatuan persaudaraan antar kita.

“Mari kita kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, saling membantu untuk kepentingan bangsa, saling bahu membahu, dan bergotong royong demi kemajuan Indonesia,” tutupnya.

Sebanyak ratusan Pegawai UR dari Rektorat, Fakultas, Unit dan Lembaga di lingkungan UR mengikuti rangkaian pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ke-72 Tahun 2012 dengan tertib dan khitmat di halaman depan gedung Rektorat Kampus Bina Widya UR Panam.(ur)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »