Siap Maju di Pilgubri 2018, Septina Komit Sediakan Anggaran Rp1 Triliun untuk Desa

Dibaca: 35817 kali  Kamis, 25 Mei 2017 | 18:47:16 WIB
Siap Maju di Pilgubri 2018, Septina Komit Sediakan Anggaran Rp1 Triliun untuk Desa
Ket Foto : Septina berbicara didepan ratusan kepala desa di Kabupaten Kampar.

TAMBANG - riautribune : Seratus kepala desa yang tergabung dengan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Kampar menggelar silaturahmi dengan Ketua DPRD Riau, Hj. Septina Primawati Rusli di RM Pak Abbas, Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kampar, Kamis (25/5/2017).

Dalam pertemuan yang santai dan akrab itu, politisi perempuan Riau ini dapat berbagai keluhan dan masukan dari kepala desa di Kabupaten Kampar. Salah satunya adalah anggaran desa yang dulunya pernah ada dianggarkan Pemerintah Provinsi Riau, tidak lagi tersedia dalam beberapa tahun terakhir.

"Melalui pertemuan ini, kami ingin berbagi dan menyampaikan keluhan kawan-kawan, tidak ada lagi anggaran yang disediakan oleh Pemprov Riau untuk desa. Padahal anggaran tersebut diperlukan untuk membangun desa dan menyejahterakan masyarakat," kata Ketua DPC APDESI Kampar, Heman Moyan, memulai pertemuan.

Herman menyebutkan, kebijakan Pemprov Riau terhadap pedesaan sangat bebeda pada saat Gubernur Rusli Zainal dulu. Di mana desa mendapatkan anggaran memadai mulai dalam bentuk Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), honor Kades Rp12 juta per tahun dan juga dana rumah layak huni, infrastruktur desa, airbersih desa dan listrik desa.

"Kalau saat ini kami hanya menerima dana dari ADD APBN dan add kabupaten, sementara dari provinsi entah kemana hilangnya? Kami ingin kedepan Pemprov Riau komit memberikan perhatian kepada desa," sampainya.

Para kepala desa juga menyatakan siap untuk memberi dukungan kepada Septina sebagai Gubernur pada pemilihan 2018 mendatang jika bersedia berkomitmen untuk membangun desa.

Ketua DPRD Riau Hj. Septina Primawati Rusli menyambut keluhan kepala desa di Kampar mengatakan, sebagai wakil rakyat dirinya selalu berkomitmen untuk membangun desa di Riau sebagai tulang punggung kemajuan di daerah ini.

"Tentunya keluhan-keluhan ini jadi masukan bagi kami untuk dibahas di DPRD Riau. Tetapi dengan kewenangan yang terbatas, saya juga berharap desa aktif berkomunikasi baik pada saya sendiri, gubernur maupun pemangku kepentingan di daerah ini," ujarnya.

Ia juga mengaku prihatin karena banyaknya program yang sudah dibangun pemerintah sebelum untuk mensejahterakan masyarakat desa tidak dilanjutkan. "Kalau menurut saya seharusnya program-program yang sudah baik itu diteruskan," kata dia.

Menyangkut rencana Pemilihan Gubernur Riau 2018, Septina mengatakan dirinya belum dapat menjawab saat ini. Maju atau tidak nantinya bergantung kepada amanah yang diberikan partai. Dirinya siap sedia baik itu dicalonkan sebagai Gubernur atau Wakil Gubernur.

"Tetapi yang jelas, kalau memang saya nanti dipercaya, saya siap berkomitmen untuk menyediakan dana desa Rp1 trilun setiap tahun. Dana ini akan dibagikan dalam bentuk program-program yang akan dirancang kedepan," tegas Septina.

Sekretaris Eksekutif DPD APDESI Provinsi Riau, Faisal Aswan, menyebutkan besar atau kecilnya organisasi adalah komitmen bersama. "Program APDESI kedepan adalah untuk melahirkan pemimpin-pemimpin visioner yang meliliki komitmen menjadikan desa sebagai program prioritasnya," ulas Faisal Aswan.

APDESI Riau, katanya, memiliki visi ingin melahirkan Gubernur Riau pro terhadap pembangunan pedesaan. Hal ini sebagai wujud dari moto perjuangan APDESI Riau yaitu Desa Maju Riau Sejahtera. (rul)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Politik" Index »