Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp167 Triliun Hadapi Lebaran Mendatang

Dibaca: 14487 kali  Kamis, 25 Mei 2017 | 13:40:46 WIB
Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp167 Triliun Hadapi Lebaran Mendatang
Ket Foto : Ilustrasi/Net

PEKANBARU - riautribune : Bank Indonesia bakal menyiapkan tambahan uang tunai di bulan puasa dan lebaran tahun ini. Secara nasional jumlah uang yang disiapkan mencapai Rp167 triliun. Khusus di provinsi, kebutuhan pada tahun ini masih dihitung dan akan disediakan melebih jumlah tahun lalu.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau, Siti Astiyah, mengatakan mengantisipasi lonjakan permintaan uang pada bulan puasa dan lebaran tahun ini, BI telah menyiapkan uang dengan jumlah besar. Hal ini juga karena tingginya minat masyarakat terhadap uang emisi tahun 2016.

"Jumlah tersebut naik 14 persen ketimbang saat puasa dan lebaran tahun lalu sebesar Rp146 triliun. Dalam selama 10 tahun terakhir, peredaran uang tunai saat puasa dan lebaran rata-rata memang naik hingga 14 persen," kata Siti Astiyah, kemarin.

Sementara pada tahun ini, lebaran menjadi puncak tertinggi peredaran uang tunai, yakni sebesar Rp691 triliun. Sehingga pihaknya menyiapkan agar masyarakat yang berlebaran gembira khususnya anak-anak.

"Jumlah uang tunai tambahan disebabkan beberapa hal seperti adanya jumlah hari libur yang lebih banyak dibanding 2016 karena juga bertepatan libur sekolah, pembayaran tunjangan hari raya untuk pegawai negeri sipil dan karyawan swasta serta penambahan titik penukaran uang hasil kerjasama BI dengan perbankan," pungkasnya. (lem/rul)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Ekonomi" Index »