Di Tengah Kabut Asap, DPRD Riau Terbang ke Jerman

Saiman: Benar-benar Melukai Hati Rakyat

Dibaca: 77523 kali  Rabu, 16 September 2015 | 11:46:49 WIB
Saiman: Benar-benar Melukai Hati Rakyat
Ket Foto : Kondisi asap masih menyelimuti Kota Pekanbaru.(internet)
PEKANBARU-riautribune: Keberangkatan Anggota DPRD Provinsi Riau di tengah kondisi Riau Darurat Asap, benar-benar melukai hati masyarakat Riau. Keberangkatan yang semula dengan "rapi" berusaha ditutupi oleh mereka yang duduk di Gedung Lancang Kuning itu, akhirnya terkuak juga berkat investigasi rekan-rekan jurnalis. "Ya rekan-rekan anggota dewan melakukan kunjungan untuk menjajaki kerjasama dalam bidang perikanan ke Norwegia," ujar Ketua DPRD Riau non aktif H. Suparman, S.Sos, M.Si.

Suparman juga mengakui surat perintah tugas (SPT) keberangkatan anggota dewan tersebut sudah ditekennya sewaktu masih aktif sebagai Ketua DPRD Provinsi Riau. Karena, katanya lagi, anggaran untuk keberangkatan tersebut sudah ada dalam APBD yang disahkan.

Meski berangkat dalam diam, dan dipecah perkomisi, namun aksi ini tercium juga hingga ke luar. Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Universitas Riau Saiman Pakpahan menilai, langkah tersebut sangat tidak tepat dilakukan anggota DPRD Riau dengan motif dan alasan apapun. "Saya tidak bisa berkomentar lagi dengan perilaku wakil rakyat yang seperti ini. Momen-nya sangat tidak pas, apapun argumentasinya. Ini benar-benar melukai hati rakyat Riau," kata Saiman.

Semestinya, kata Saiman, saat musibah seperti ini, para wakil rakyat itu mampu menahan diri. Sudah jelas masyarakat Riau saat ini sedang berjuang melawan musibah asap, para wakil mereka seenaknya melarikan diri. "Ini perbuatan yang sangat keterlaluan dan tidak punya empati. Masyarakat sebenarnya bisa saja menghukum wakil mereka yang seperti ini," tegas Saiman.

Sebagaimana diberitakan, sebelumnya didapat informasi secara diam-diam anggota DPRD Provinsi Riau dari Komisi E dan B melakukan kunjungan ke Belanda, Norwegia dan Turki. Keberangkatan anggota dewan ini sempat tidak tercium media dan masyarakat. Bahkan soal keberangkatan ini baru diketahui setelah para anggota dewan tersebut pulang dari kunjungan. Selanjutnya di tengah kabut aap yang semakin pekat dan kondisi Riau ditetapkan Darurat Asap, kembali giliran Komisi A yang melakukan kunjungan ke Jerman.

Informasi yang berhasil dihimpun, nama-nama anggota dewan dari Komisi A, Ketua Komisi A, Hazmi Setiadi (Politisi PAN), Suhardiman Amby Sekretaris Komisi (Politisi Hanura), Abdul Vattah Ali Hasyim Harahap (Politisi Golkar) dan Muhammad Arfah, Nasril serta Sugianto. Para politisi tersebutk saat dihubungi melalui telepon genggamnya tidak ada yang aktif, baik melalui pesan pendek, begitu juga saat dikirim pesan melalui blackberry messenger (bbm). Sehingga keberadaan mereka tidak dapat dikonfirmasi. (ehm)

 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Rabu, 25 Maret 2020 - 17:48:59 WIB

PERSOALAN WABAH COVID-19 DAN GEOPOLITIK PEMERINTAH DAERAH

Perkembangan teknologi perhubungan telah meluaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, juga dalam perekonomian. Arus pergerakan orang, barang dan uang pun meningkat serta berimbas pada tuntutan pelonggaran pintu-pintu masuk ke suatu daerah. Kata-kata globalisasi, integrasi regional, infrastruktur hingga deregulasi menggambarkan kecenderungan tersebu