Bupati Inhil Minta Universitas Riau Lakukan Riset Perkelapaan di Inhil

Dibaca: 27556 kali  Senin, 22 Mei 2017 | 12:18:25 WIB
Bupati Inhil Minta Universitas Riau Lakukan Riset Perkelapaan di Inhil
Ket Foto : foto internet

 TEMBILAHAN - riautribune : Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan meminta akademisi Universitas Riau (UNRI) melaksanakan riset perkelapaan guna menuju industrialisasi kelapa berskala rumah tangga (home industry) di Kabupaten Inhil. Hal ini dilakukan mengingat Kabupaten Inhil yang berjuluk 'Negeri Hamparan Kelapa Dunia' memiliki produktifitas kelapa yang begitu tinggi.
 
Menurut Bupati Wardan, penelitian yang dilakukan guna menciptakan home industry berbasis kelapa, dapat diawali dengan meneliti bibit kelapa untuk mengindentifikasi kualitas bibit yang unggul atau sebaliknya. Selain itu, penelitian juga dapat berkutat pada produk turunan kelapa.
 
"Setelah riset bibit dilakukan, barulah fokus dengan penelitian humaniora pada sub-bidang ekonomi, seperti penelitian terkait potensi keekonomian. Semuanya dilakukan tidak terlepas dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat. Perlu ada kajian, perlu diteliti. Baru selanjutnya dirumuskan strategi apa untuk mengembangkan hasil riset tersebut," terang Bupati Wardan pada pembukaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat program pascasarjana Universitas Riau.
 
Pembangunan ekonomi, disebutkan Bupati Wardan, memang sudah semestinya dimulai dengan peningkatan pendapatan masyarakat perkapita. Hal ini, lanjut Wardan, harus dilakukan melalui pengembangan potensi sumber daya sektoral yang ada di suatu daerah, seperti halnya Kabupaten Inhil dengan potensi pada sektor perkebunan kelapa.
 
"Jadi, masyarakat pekebun kelapa di Inhil tidak hanya menghasilkan bahan mentah sebagai bahan baku berupa kelapa bulat saja, melainkan juga bisa memproduksi komoditas olahan yang berbahan baku kelapa dari kebun kelapa mereka. Tentunya, ini dapat menciptakan nilai ekonomis yang lebih lagi dibandingkan dengan hanya menjual hasil kebun berupa kelapa bulat saja," pungkasnya.
 
Terakhir, Bupati Wardan juga meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar dapat lebih serius lagi menindaklanjuti rencana industrialisasi kelapa berskala rumah tangga ini dengan cara melakukan pembinaan dini terhadap masyarakat pekebun kelapa dan lain sebagainya.
 
"Kami bersyukur yang datang Rektornya (Rektor Universitas Riau, red) langsung. Ini merupakan wujud perhatian dan kepedulian Universitas Riau terhadap kemajuan Kabupaten Inhil. Perhatian dan kepedulian ini sudah semestinya di respons dengan keseriusan, tidak hanya oleh masyarakat melainkan juga oleh Pemerintah Kabupaten Inhil melalui OPD terkait," tandas Bupati Wardan. (adv/kominfo)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Sabtu, 15 Desember 2018 - 11:10:58 WIB

Pelantikkan DPC Demokrat oleh SBY Terasa Gezah

PEKANBARU-riautribune: Sekalipun sempat didera oleh peristiwa perusakkan baleho dan bendera partai Demokrat, gesa pelantikkan DPC Demokrat se Riau tetap terasa. Disaksikan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri dan pengurus DPP lainnya, seluruh pengurus DPC Partai Demokrat se-Riau resmi dilantik. Pengurus dilantik oleh Ketua DPD Partai Demokrat Riau, Asri Auzar di salah satu hotel, Pekanbaru, Sabtu (15/12/18).

Jumat, 14 Desember 2018 - 17:41:05 WIB

Dipasangkan Tanjak, dan dijamu Makanan Khas Melayu

PEKANBARU-riautribune: - Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Tiba di Pekanbaru, tepat sebelum Sholat Jumat. Presiden RI ke 6 ini langsung di sambut dengan diserahkan Tanjak Riau, turut disambut oleh Gubernur Riau Wan Thamrin , Ketua MKA LAM Riau Al Azhar, Ketua DPD Demokrayt Riau Asri Auzar dan Sekretaris DPD Eddy Mohammad Yatim, Jumat (14/12).