Gandeng UiTM Malaysia, 7 PTAIS Kopertais Wilayah XII Gelar Seminar Ekonomi Islam

Dibaca: 22469 kali  Senin, 15 Mei 2017 | 19:02:09 WIB
Gandeng UiTM Malaysia, 7 PTAIS Kopertais Wilayah XII Gelar Seminar Ekonomi Islam
Ket Foto : Seminar internasional Ekonomi Islam.

PEKANBARU - riautribune : Sebuah seminar internasional Ekonomi Islam diselenggarakan PTAIS Kopertais Wilayah XII Riau-Kepri di Pekanbaru. Pada seminar kali ini, kegiatan yang dipelopori oleh tujuh peguruan tinggi Islam di Riau dan Kepulauan Riau dengan menggandeng Universiti Teknologi MARA (UiTM), Malaysia.

"Saya menyambut baik kerjasama ini. Terima kasih kepada tujuh sekolah tinggi ini yang telah menjadi pelopor. Kegiatan seperti ini harus dikembangkan," kata Wakil Koordinator Kopertais Wilayah XII Dr. H.M. Syaifudin saat membuka seminar, Senin (15/5/2017).

Ditambahkan, seminar ini adalah yang pertama kali, sehingga perlu dikembangkan untuk memperbanyak jaringan. Dengan banyaknya kerjasama, terang Syaifuddin, akan membawa keunggulan bersifat kompetitif.

"Apalagi Sekolah Tinggi Islam, baik itu STIE atau STAE, hampir semuanya memiliki Prodi (Program Studi, red) Ekonomi Syariah atau Ekonomi Islam," tegasnya.

Untuk itu, menurut Syaifuddin, perlu dilakukan pendataan dan penyampaian pentingnya kegiatan seperti ini. "Harus kita sosialisasikan. Bila perlu kita wajibkan kepada semua," tambahnya.

Perwakilan UiTM Malaka Prof. Madya dr. Halim Mohd Noor juga mengatakan bahwa ini adalah kerjasama pertama yang dijalin dengan PTAIS Kopertais Wilayah XII Riau-Kepri. Ia berharap acara berkelanjutan. "Insya Allah ini akan kita adakan kembali di akhir tahun," terangnya.

Adapun tujuh peguruan tinggi yang mempelopori seminar internasional Ekonomi Islam adalah, STIE Syariah Bengkalis, STIT Diniyyah Puteri Pekanbaru, STAI Rokan Bagan Batu, STAI Lukman Edy Pekanbaru, STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru, STAI Al-Azhar Pekanbaru dan STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang.

Menurut Syahrial, Ketua STAI HM Lukman Edy, kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan sumberdaya manusia syariah di Riau . "Untuk tujuan tersebut diperlukan sinergi antara lembaga perguruan tinggi, agar bisa go internasional," tutupnya. (rls)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Pendidikan" Index »