Kalahkan Persiba,

Arema Tempel 3 Tim Lain di Puncak Klasemen

Dibaca: 40760 kali  Selasa, 02 Mei 2017 | 08:48:16 WIB
Arema Tempel 3 Tim Lain di Puncak Klasemen
Ket Foto : foto internet

MALANG - Arema FC berhasil mengalahkan Persiba Balikpapan 1-0 dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gajayana Malang, Senin malam. Satu-satunya gol di laga itu dicetak Dedik Setiawan pada menit ke-69.

Gol semata wayang Dedik itu menjawab kepercayaan pelatih Arema Aji Santoso yang menempatkannya sebagai penyerang menggantikan Cristian Gonzales yang absen setelah menjalani ibadah umrah ke Tanah Suci.

Sejak awal babak pertama, Arema langsung melakukan serangan ke jantung pertahanan Persiba, bahkan anak asuh Aji Santoso itu tak membiarkan para pemain Persiba dengan leluasa menguasai bola. Akibatnya permainan sempat terjadi di area setengah lapangan pada awal-awal babak pertama.

Serangan demi serangan yang dilancarkan para pemain Arema terus menggempur lini pertahanan Persiba. Namun kokohnya barisan pemain belakang Persiba cukup menyulitkan para pemain Singo Edan menembus kotak terlarang yang dijaga ketat oleh Alfat Faathier, Dirkir Kohn Glay dan Iqbal Samad.

Pada pertengahan babak pertama anak asuh Timo Schuenemann itu mulai pasang strategi "parkir bus", sehingga lini pertahanan tim berjuluk Beruang Madu itu sangat sulit ditembus, meski sejumlah peluang sempat tercipta.

Kokohnya jantung pertahanan Persiba Balikpapan maupun Arema yang sesekali mendapatkan serangan balik membahayakan itu membuat kedua tim tak mampu mengoyak jala gawang lawan hingga wasit Handri Kristanto meniup peluit panjangnya tanda 45 menit babak pertama berakhir skor masih tetap 0-0.

Memasuki 45 menit babak kedua, strategi kedua tim berubah drastis. Baik Arema maupun Persiba mulai menurunkan pemain terbaiknya. Aji Santoso mulai menggantikan para pemain mudanya dengan pemain senior yang sudah malang melintang dalam kompetisi untuk meraih kemenangan.

Dendy Santoso dan Benny Wahyudi yang pada babak pertama "diparkir" di bangku cadangan diturunkan. Namun, belum ada perubahan yang diharapkan. Peluang-peluang emas tak satu pun yang terkonversi menjadi sebuah gol, baik bagi Arema maupun Persiba Balikpapan.

Kemenangan Arema baru tercipta lewat Dedik Setiawan pada menit ke-69. Gol kemenangan bagi Arema itu bermula dari umpan terukur Dendy Santoso yang menusuk dari sisi kanan pertahanan Persiba.

Dedik yang berlari ke kotak penalti menyongsong umpan itu melakukan kontrol bola dua kali dengan sempurna. Kontrol pertama menggunakan dada. Sambil berlari, kontrol bola dilanjutkan dengan lututnya sebelum disambar dengan eksekusi kaki kiri. Sontekan kaki kiri Dedik membuat bola melaju datar dan tidak bisa dijangkau kiper Persiba.

Skor 1-0 tak berubah hingga wasit Handri Kristanto menyudahi pertandingan antara tim Singo Edan dengan Beruang Madu.

Meski bermain di luar kandang, Arema seolah bermain di kandang dengan dukungan ribuan Aremania yang memadati Stadion Gajayana yang untuk sementara menjadi kandang Persiba Balikpapan.

Berkat kemenangan ini, Arema kini mengemas nilai 7 dari 3 laga, sama dengan Barito Putra, PSM Makassar, dan Semen Padang di papan atas klasemen. Persiba menjadi satu-satunya tim yang belum meraih nilai dari tiga laga. (tmpo)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Olahraga" Index »