Wan Thamrin Hasyim Terpilih Sebagai Wakil Gubernur Riau

Dibaca: 34222 kali  Selasa, 25 April 2017 | 16:52:19 WIB
Wan Thamrin Hasyim Terpilih Sebagai Wakil Gubernur Riau
Ket Foto : Pemilihan Wakil Gubernur Riau.

PEKANBARU - riautribune : Setelah melewati dua kali pemilihan oleh 63 anggota DPRD Riau, Selasa (25/4/2017), akhirnya H. Wan Thamrin Hasyim unggul perolehan suara dibandingkan H. Ruspan Aman. Mantan Bupati Rokan Hilir ini resmi dipilih sebagai Wakil Gubernur Riau pendamping Gubernur Arsyadjuliandi Rachman sisa masa jabatan 2013-2018.

Pemilihan dua politisi Partai Golkar ini alot, setelah terjadi suara imbang pada putaran pertama 31:31. Ketua Panitia Pemilihan DPRD Riau Aherson akhirnya mengembalikan kepada tata tertib pemilihan untuk melakukan pengulangan pemilihan yang sama. Jumlah anggota dewan bertambah setelah salah satu politisi PDIP EV Tenger Sinaga turut dalam pemilihan kedua.

Sesuai jadwal 2 jam setelah pemilihan pertama digelar, jadwal pemilihan kedua seharusnya berlangsung pada pukul 15.00 WIB. Namun jadwal tersebut sempat molor karena lambannya anggota dewan yang hadir di ruang sidang.

Setelah dilakukan pengambilan suara ulang, akhirnya H. Wan Thamrin Hasyim berhasil mendulang 40 suara, sementara H. Ruspan Aman hanya 23 suara. Kemenangan ini sudah diperkirakan banyak pihak, karena sebelumnya Gubernur Arsyadjuliandi Rachman juga menginginkan yang bersangkutan untuk mendampinginya.

Sebagaimana diketahu, Wan Thamrin adalah Bupati pertama Kabupaten Rokan Hulu yang saat ini tak memiliki jabatan. Sementara Ruspan Aman adalah mantan anggota DPRD Riau tiga periode yang saat ini juga duduk sebagai Ketua Harian Partai Golkar Riau.

Dalam rapat paripurna yang dihadiri Gubernur Arsyadjuliandi Rachman dan dipimpin Ketua DPRD Riau Septina Primawati langsung melakukan penetapan Wakil Gubernur terpilih menjelang dilantik nantinya. (rul)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Politik" Index »