Seminar Kepemimpinan Daerah

Mempersiapkan Pemimpin Jujur Bagi Masa Depan Provinsi Riau

Dibaca: 36402 kali  Sabtu, 22 April 2017 | 15:58:47 WIB
Mempersiapkan Pemimpin Jujur Bagi Masa Depan Provinsi Riau
Ket Foto : Seminar kepemimpinan daerah

PEKANBARU - riautribune : Ukhuwah, berkejujuran dan berkemajuan adalah tiga sikap penting dalam mewujudkan perubahan Riau kedepan. Ketiga sikap ini tentu mesti dilakoni atas dasar kesadaran baik sebagai kaum muda, masyarakat dan juga para pemangku kebijakan.

Demikian diungkapkan tokoh muda Riau, Gusti Randa SH, dalam pemaparannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan seminar kepemudaan dengan tema "Mewujudkan Ukhuwah Menuju Riau Berkejujuran dan Berkemajuan" yang ditaja Perhimpunan Pemuda Riau (PPR) di Gedung Pustaka Wilayah Soeman Hs, Sabtu (22/4/2017).

"Pemuda sebagai agen perubahan mesti mengambil peran dalam menentukan pemimpin dimasa mendatang. Dan bahkan menyiapkan diri untuk melanjutkan estapfet kepemimpinan di Riau," lanjut Gusti Randa yang juga praktisi hukum tersebut.

Menurutnya, peran pemuda sangat penting dalam kehidupan, khususnya kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemuda memiliki peran yang strategis yang berada di antara level elite kekuasaan dan level grass root. Pada level elite, pemuda dapat dijadikan mobilisasi untuk memanfaatkan kondisi politik.

Sementara, pada level grass root, pemuda sangat mungkin memiliki fungsi dan peran dalam melancarkan aspirasi kalangan bawah terhadap berbagai persoalan sosial yang hanya mampu diaktualisasikan oleh pemuda melalui ide dan gagasannya. 

Gusti mengatakan, simbol kemajuan suatu daerah adalah pendidikan. Oleh karenanya sebagai generasi penerus, pemuda dan pemudi Riau mesti menyadari pentingnya pendidikan sebagai upaya peningkatan kualitas diri.

"Pemerintah juga harus melahirkan kebijakan yang memperhatikan pendidikan dalam mewujudkan masa depan lebih baik," tuturnya lagi.

Seminar kepemimpinan tersebut merupakan rangkaian kegiatan ulang tahun ke-2 dan bakti sosial Perhimpunan Pemuda Riau. Hadir sebagai pembicara antara lain Ketua KPU Riau Dr. Nurhamim, Komisioner Bawaslu Riau Rusidi Rusdan dan pengamat politik Dr. Andi Yusran. (rul)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Pendidikan" Index »

Senin, 13 Agustus 2018 - 19:26:36 WIB

Michale: "Kami Harap Mitra Paham, Perusahaan Juga Harus Bertahan"

PEKANBARU-riautribune: Menanggapi aksi demo yang dilakukan oleh ratusan sopir Gocar di Pekanbaru, Senin (13/8),Vice President Corporate Communications GO-JEK Michael Say mengatakan, pihaknya sangat terbuka mendengarkan masukan dari mitra, namun demikian pihak Gojek Indonesia berharap para mitra memahami, karena perusahaan harus bertahan terhadap kondisi pasar.