Konsumsi Gas Epiji 3 Kg di Riau Meningkat

Dibaca: 46159 kali  Kamis, 13 April 2017 | 23:36:41 WIB
Konsumsi Gas Epiji 3 Kg di Riau Meningkat
Ket Foto : Ilustrasi/Net

PEKANBARU - riautribune : Kebutuhan gas elpiji tabung 3 kilogram bagi masyarakat di Riau mengalami peningkatan yang sangat pesat. Konsumsi gas elpiji bersubsidi tersebut tahun ini mencapai 138.500 tabung perhari bila dihitung dari penggunaan masyarakat di 12 kabupaten dan kota di Riau.

Menurut Sales Eksekutif LPG V Pertamina Wilayah Pemasaran Riau, Mahfud Nadyo, realisasi tersebut tergambar sejak Januari hingga April 2017. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, realisasi penggunaan gas elpiji 3 kilogram cenderung naik hingga 14 persen. Pada triwulan pertama 2016 lalu, tercatat, masyarakat Riau hanya menghabiskan sekitar 122 ribu tabung gas perhari.

"Penggunaan setiap bulan dan konsumsi di masing-masing kabupaten/kota berbeda. Namun peningkatan terjadi pada hari besar keagamaan," jelas Mahfud Nadyo, Kamis (13/4/2017).

Tingginya penggunaan gas elpiji 3 kilogram ini, menurut Mahfud, dikarenakan beberapa faktor antara lain bertambahnya jumlah penduduk, tumbuhkembangnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan bertambahnya jaringan baru bagi wilayah pemekaran.

"Ketersediaan gas bersubsidi saat. ini cukup. Namun pada keadaan tertentu, Pertamina berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, apabila dibutuhkannya operasi pasar," pungkas Mahfud Nadyo. (lem/rul)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Ekonomi" Index »