Gelombang Tinggi, Harga Jual Ikan Laut Naik Drastis Akibat Pasokan Berkurang

Dibaca: 42472 kali  Ahad, 09 April 2017 | 21:13:10 WIB
Gelombang Tinggi, Harga Jual Ikan Laut Naik Drastis Akibat Pasokan Berkurang
Ket Foto : Ilustrasi/Net

PEKANBARU - riautribune : Gelombang tinggi yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia membuat nelayan takut melaut. Imbasnya, harga ikan laut di pasaran naik tajam selama beberapa pekan terakhir, akibat ketersediaan pasokan tidak sebanding dengan tingginya permintaan pasar.

Murni, pedagang ikan di Pasar Pagi Dupa, mengatakan sudah beberapa pekan terakhir harga ikan laut naik. Berdasarkan informasi yang didapatkannya dari agen tidak banyak nelayan yang berani mencari ikan di laut lantaran takut gelombang tinggi dan cuaca buruk.

"Kondisinya sangat berpengaruh pada jalur distribusi ikan laut di pasaran. Pengiriman ikan laut agak terlambat," terang Murni, Ahad (9/4/2017).

Tidak hanya ikan laut, hal yang sama juga terjadi pada ikan air tawar seperti nila, gurami dan lainnya turun melonjak dengan harga yang bervariasi. Hal itu diakui Amir, pedagang lainnya, naiknya harga pasaran ikan karena panen gagal selama musim penghujan berlangsung.

"Musim penghujan menyebabkan sejumlah tambak meluap dan membuat ikan banyak yang lepas. Harganya lumayan juga naik," tutur Amir. (lem/rul)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Ekonomi" Index »

Rabu, 25 April 2018 - 19:53:37 WIB

TMMD Ke 101, Pemkab Inhil Nilai Masyarakat Bangkit Bersama TNI

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Inhil, H Darussalam MM membuka secara resmi acara tatap muka Ketua Tim Pengawasan Evaluasi (Wasev) Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018 Kodim 0314/Inhil bersama tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda.