Gubri Serahkan Laporan Pertangungjawaban APBD 2016 Kepada BPK RI

Dibaca: 45613 kali  Jumat, 31 Maret 2017 | 14:59:40 WIB
Gubri Serahkan Laporan Pertangungjawaban APBD 2016 Kepada BPK RI
Ket Foto : Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyerahkan laporan keuangan APBD 2016 kepada BPK RI Perwakilan Riau.(humas riau)

PEKANBARU-riautribune: Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman serahkan langsung laporan keuangan APBD 2016 kepada Badan Pemeriksan Keuangan RI Perwakilan Riau. “Hari ini kita menyerahkan unaudited kepada BPK untuk ditindak lanjuti menjadi laporan audited. Kalau memang ada kekurangan yang perlu disempurnakan, tentu OPD (Organisasi Perangkat Daerah) harus menyiapkan itu. Tetap yang paling krusial adalah aset,” kata Gubernur Riau yang lebih akrab disapa dengan Andi Rachman, didampingi Kepala BPK RI Perwakilan Riau Harry Purwaka, Jumat (31/3/17).

Menurut Gubri, alasan kenapa krusialnya masalah aset dalam laporan APBD 2016 tersebut, tidak lain untuk menertibkan hal-hal yang berkaitan dengan inventarisir barang yang tercatat dipemerintahan. Apa pun bentuknya baik bergerak mau pun tidak tetap harus dipertanggungjawabkan.

Karena itu, Gubri pun mengingatkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar disipilan dalam menggunakan dan melakukan pengawasan. Begitu juga dengan pejabat yang tidak lagi menjabat dikarenakan karena mutasi tidak boleh membawa aset yang seharusnya hanya melekat pada jabatan.

“Kita berharap, makin disiplin OPD ini baik kepada pejabat terkait maupun pejabat yang sudah tak lagi di sana, karena mutasi atau karena sesuatu lain.
Lebih lanjut, menurut Gubri laporan ABPD yang disampaikannya hari ini merupakan laporan kedua setelah Pemprov Riau menggunakan accrual basic. Dimana, laporan pertama yang dimulai pada 2015 lalu sudah berbuah hasil dengan mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Riau.

“Sekarang inikan pemeriksaan 2016. Kita berusaha semaksimal mungkin (mempertahankannya). Kita memang tak pernah beristrihaat soal ini. Hari ini mungkin kita akan mengumpulkan OPD lagi untuk tetap melakukan penertiban aset, termasuk memulai melaksanakan APBD 2016 yang sedang jalan,” papar Gubri.(rls/hms riau)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »