42 Wartawan Dumai Akan Ikuti UKW

Dibaca: 27379 kali  Rabu, 29 Maret 2017 | 14:51:17 WIB
42 Wartawan Dumai Akan Ikuti UKW
Ket Foto : foto internet

DUMAI - riautribune : Sebanyak 42 wartawan dari berbagai media, baik cetak maupun elektronik di Kota Dumai akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Dumai pada tanggal 30 sampai 31 Maret 2017 di Hotel Grand Zuri Dumai.
 
Direncanakan Walikota Dumai Drs H. Zulkifli AS, MSi secara resmi akan membuka ujian Standar Kompetensi Wartawan tersebut pada Kamis (30/03/2017).
 
" Jika tidak ada halangan, UKW akan dibuka Walikota Dumai Drs H. Zulkifli AS, MSi. Undangan sudah kita sampaikan melalui bagian Protokoler dan insyaallah Walikota bersedia membuka kegiatan UKW," ujar Ketua PWI Kota Dumai Kambali, Selasa (28/03/2017).
 
Terkait persiapan, sejauh ini persiapan sudah final, tinggal pelaksanaannya saja. " Persiapan UKW sudah final tinggal pelaksanaannya saja 30-31 Maret 2017 di Hotel Grand Zuri Dumai. UKW diikuti 42 wartawan dari seluruh media yang ada di Dumai baik cetak dan elektronik, khususnya yang sudah tergabung dalam organisasi PWI,” imbuhnya.
 
Peserta UKW dibagi menjadi tiga kelas, pertama MUDA untuk jenjang/tingkat Wartawan/Reporter diikuti 28 peserta, kelas MADYA untuk Asisten Redaktur dan Redaktur diikuti 7 peserta dan kelas UTAMA untuk Asisten Redaktur Pelaksana, Redaktur Pelaksana, hingga Pemimpin Redaksi/ Penanggung Jawab jumlah peserta 7 peserta. Tim penguji berasal dari Jakarta, Medan dan Pekanbaru yang merupakan utusan dari PWI Pusat dan Dewan Pers.
 
“ UKW adalah program Dewan Pers yang tujuannya untuk meningkatkan kompetensi dan Profesionalitas wartawan, sehingga wartawan memiliki kecakapatan dan kompeten dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya," jelas Kambali yang sehari - hari bekerja sebagai Pimpinan Redaksi Dumai Pos.
 
Lanjutnya, wartawan yang kompeten maka akan melaksanakan tugas dengan baik dan taat terhadap Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Sehingga, wartawan semakin profesional dalam menjalanka tugasnya, dengan begitu wartawan tidak menjadi alat kepentingan politik dan kepentingan lainnya.
 
" Tim Penguji UKW berasal dari Jakarta dan Medan dibantu tim dari PWI Propinsi Riau. Para penguji akan tiba di Dumai pada Rabu (29/3/2017)," tuturnya.
 
Sebelumnya, Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS, M.Si menyambut baik dilaksanakannya UKW guna meningkatkan pofesionalitas wartawan di Dumai, terlebih Kota Dumai akan menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2017 tingka Provinsi Riau.
 
Hal itu disampaikan walikota dalam kegiatan Audiensi dengan pengurus PWI Dumai baru – baru ini dikediaman walikota.
 
" Saya mendukung UKW yang dilaksanakan PWI Dumai, semoga wartawan Dumai lebih professional dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik serta taat terhadap kode etik jurnalistik," kata Walikota.
 
Begitu juga dengan ditunjuknya Dumai sebagai tuan rumah HPN, Pemko Dumai tentunya sangat mendukung dan siap mensukseskan HPN 2017 Propinsi Riau di Dumai.(frc)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »