Zulaikhah Wardan: Jambore Kader PKK Merupakan Wadah Eksplorasi Potensi Diri

Dibaca: 17451 kali  Kamis, 23 Maret 2017 | 10:46:55 WIB
Zulaikhah Wardan: Jambore Kader PKK Merupakan Wadah Eksplorasi Potensi Diri
Ket Foto : foto antr

TEMBILAHAN - riautribune : Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Zulaikhah Wardan, menyampaikan apresiasi terhadap TP PKK Kecamatan Tembilahan Hulu yang telah bersedia menyelenggarakan kegiatan Jambore Kader PKK yang merupakan satu-satunya Kecamatan di Kabupaten Inhil yang mengadakan kegiatan Jambore Kader PKK.

"Disamping mempererat silahturrahmi, Jambore Kader PKK, merupakan upaya dini mempersiapkan para kader PKK Tembilahan Hulu untuk mengikuti Jambore Kader PKK tingkat Kabupaten Inhil nantinya. Ini menjadi wadah untuk mengeksplorasi dan merealisasikan potensi diri para kader," kata Ketua TP PKK Inhil, Zulaikhah Wardan dalam sambutannya di Tembilahan, Rabu.

Selain sebagai upaya dini mempersiapkan para kader untuk mengikuti Jambore Kader PKK tingkat Kabupaten Inhil bahkan Provinsi, kegiatan ini juga sebagai ajang mempersiapkan para kader untuk turut menaukseskan peringatan hari kelapa sedunia "Coconut Day" yang akan digelar pada bulan september mendatang dengan mempersembahkan sejumlah kuliner berbahan khas kelapa melalui keterampilan yang mereka punya.

Disamping itu, Ketua Dewan Pembina TP PKK Inhil, Muhammad Wardan yang membuka secara resmi penyelenggaraan kegiatan Jambore Kader PKK Kecamatan Tembilahan Hulu Tahun 2017 mengatakan, terdapat kebanggaan tersendiri kepada TP PKK Kecamatan Tembilahan Hulu yang telah sukses menyelenggarakan Jambore Kader PKK Tahun 2017 secara swadaya.

"Meski terhambat dengan ketiadaan anggaran, PKK Tembilahan Hulu bisa menyelenggarakan kegiatan Jambore ini secara swadaya. Ini menunjukkan antusiasme dan kekompakan yang luar biasa tinggi dari setiap kader PKK se-Kecamatan Tembilahan Hulu," ungkapnya.

Selanjutnya kata dia, dengan ukuran kegiatan yang hampir menyamai kegiatan serupa di tingkat Kabupaten Inhil tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Riau pun dianggap layak untuk hadir dalam Kegiatan tersebut.

"Tidak semua Kecamatan mampu mengadakan kegiatan seperti ini, yang mengundang saya beserta rombongan. Ini membutuhkan biaya yang besar dan tekad yang begitu kuat," tuturnya.

Apalagi, dengan adanya bazar yang diisi dengan stand-stand dari setiap TP PKK Desa dan Kelurahan seperti ini. Disertai juga dengan berbagai macam perlombaan.

Dikatakan Wardan, untuk kegiatan Jambore Kader PKK di tingkat Kabupaten. Yang mana, lanjutnya, tidak semua Kabupaten yang mampu menggelar perhelatan para kader PKK, seperti yang akan dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten Inhil beberapa waktu mendatang.

Lebih lanjut, Wardan mengatakan, Jambore Kader PKK Tahun 2017 tersebut, dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengevaluasi hasil keterampilan dan kerajinan dari setiap TP PKK, khususnya TP PKK Kecamatan Tembilahan Hulu, agar dapat dikembangkan menjadi sebuah produk, bahkan komoditas khas Kabupaten Inhil.

"Tadi saya mendengar, ada perlombaan memasak yang salah satunya berbahan baku kelapa. Saya sangat bangga dengan hal itu. Kemarin, saya ada meminta BP3AKB untuk melakukan hal itu. Sebab, 9 September 2017 Inhil akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Kelapa Dunia," terangnya.

Selanjutnya, Nazar selaku Ketua Dewan Pembina TP PKK Kecamatan Tembilahan Hulu, berdasarkan hasil laporan penyelenggaraan kegiatan mengatakan, kegiatan Jambore Kader PKK bertujuan untuk menggali potensi kader PKK Tembilahan hulu  agar dapat mendukung pelaksanaan setiap program pembangunan oleh Pemerintah Kecamatan.

"Selain  tujuan, penyelenggaraan Jambore Kader PKK Tahun 2017 tersebut, berfungsi sebagai penggerak para kader TP PKK, baik di Desa maupun Kelurahan, agar dapat senantiasa berjalan sesuai dengan bidang tugas dalam kerangka 10 program pokok TP PKK," imbuhnya.

Berdasarkan laporan, diungkapkan M Nazar, terdapat sekitar 72 orang peserta dari seluruh Desa dan Kelurahan di Kecamatan Tembilahan Hulu yang berpartisipasi dalam kegiatan yang telah diselenggarakan secara rutin selama kurun waktu tiga tahun terakhir tersebut.

"Untuk menyemarakkan kegiatan Jambore Kader PKK yang ketiga kali ini, akan diadakan berbagai macam lomba keterampilan dan kerajinan oleh PKK se-Kecamatan Tembilahan Hulu," tukasnya.

Untuk diketahui, Pelaksanaan jambore Kader PKK Kecamatan Tembilahan Hulu tahun 2017 mengusung tema "Dengan Jambore Kader PKK kita tingkatkan kualitas sumber daya manusia di Kecamatan Tembilahan Hulu".

Kegiatan juga dirangkai dengan penampilan masing-masing TP PKK se Kecamatan Tembilahan Hulu. Selain itu, penampilan bazar yang diisi dengan stand-stand dari setiap TP PKK Desa dan Kelurahan juga turut meramaikan kegiatan.

Kedatangan Bupati Muhammad Wardan selaku Ketua Dewan Pembina TP PKK bersama Zulaikhah Wardan selaku Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, diikuti oleh beberapa pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil dan disambut langsung oleh Camat Tembilahan Hulu, M Nazar beserta jajarannya.(antr)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Jumat, 24 November 2017 - 22:23:53 WIB

XL Axiata Ajak Karyawan Ciptakan Ideation dan Protoype Digital

PEKANBARU-riautribune: PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun dan memperkuat diri sebagai perusahaan penyedia layanan data terdepan. Selain membangun infrastruktur jaringan data dan melahirkan produk-produk digital berkualitas, XL Axiata juga terus membentuk mindset karyawan untuk lebih paham sehingga dapat mengaplikasi pemanfaatan tren digital untuk mendukung kemajuan perusahaan dan juga memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan