Menteri Susi: Jangan Buang Sampah ke Laut!

Dibaca: 31003 kali  Selasa, 21 Maret 2017 | 09:36:29 WIB
Menteri Susi: Jangan Buang Sampah ke Laut!
Ket Foto : foto internet

KOLAKA - riautribune : Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengingatkan kepada warga masyarakat agar tidak membuang sampah khususnya plastik ke laut.

Menurut Susi, saat ini sampah plastik banyak dibuang di laut mencapai sembilan juta ton per tahun, dan Indonesia menjadi penyumbang sampah terbanyak urutan kedua di dunia. "Karena itu, kita imbau kepada semua masyarakat agar tidak membuang sampah khususnya plastik ke laut," katanya, Selasa (21/3/2017).

Susi juga menjelaskan bahwa jika sampah plastik memenuhi lautan, maka otomatis ikan akan hilang dan bisa mengurangi pendapatan nelayan tangkap serta akan merusak biola laut lainnya. Dia menjelaskan pula, sampah plastik yang dibuang ke laut harus ditangani khusus dengan melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah itu ke daratan.

"Di Kolaka ini ada Antam dan beberapa bank milik BUMN harus bersinergi membuat program penanganan sampah di laut," ujarnya.

Perusahaan-perusahaan BUMN itu, kata Susi, bisa membeli mesin pengolah sampah plastik walaupun mesin bekas. Karena itu diimbau agar sampah tidak dibuang ke sungai dan laut lagi. "Nanti ditakutkan ketika orang masih membuang sampah di sungai dan laut akan lebih banyak sampah dari pada ikannya, dan ini tidak boleh terjadi," kata Susi.(okz)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Nasional" Index »

Sabtu, 15 Desember 2018 - 11:10:58 WIB

Pelantikkan DPC Demokrat oleh SBY Terasa Gezah

PEKANBARU-riautribune: Sekalipun sempat didera oleh peristiwa perusakkan baleho dan bendera partai Demokrat, gesa pelantikkan DPC Demokrat se Riau tetap terasa. Disaksikan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri dan pengurus DPP lainnya, seluruh pengurus DPC Partai Demokrat se-Riau resmi dilantik. Pengurus dilantik oleh Ketua DPD Partai Demokrat Riau, Asri Auzar di salah satu hotel, Pekanbaru, Sabtu (15/12/18).