Gubri Resmikan Kantor Koperasi Serba Usaha KSU Rejosari

Dibaca: 58615 kali  Jumat, 17 Maret 2017 | 09:59:39 WIB
Gubri Resmikan Kantor Koperasi Serba Usaha KSU Rejosari
Ket Foto : foto Humas Pemprov

PEKANBARU - riautribune : Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman resmikan gedung baru Koperasi Serba Usaha (KSU) Rejosari Jalan Swadaya, Tenayan Raya. KSU Rejosari yang dipimpin Hj Elwi ini dinilai berhasil mengembangkan usaha yang telah lama dirintisnya hingga kini memiliki gedung baru serta anggota koperasi yang terbilang banyak.

Pada kesempatan ini, orang nomor satu di Riau ini menyatakan terus mendorong kepada perkembangan koperasi dan pelaku usaha di Riau sebagai roda penggerak perekonomian menengah kebawah.

"KSU Rejorasi dinilai sudah berhasil mengelola usaha, hal ini ditandai dengan adanya aset berupa kantor sebesar ini termasuk jumlah anggota yang banyak," kata Andi Rachman (sapaan akrab Gubri) Kamis (16/3/17).

Diharapkan, ke depan KSU Rejosari bisa jauh lebih berkembang lagi. Begitu juga koperasi lainnya baik yang ada di Pekanbaru mau pun kabupaten kota di Riau. Betapa tidak, suka atau tidak suka Riau kekurangan pelaku usaha, menegah ke bawah. Pada hal Pekanbaru khususnya sebagai kota perdagangan dan jasa mestinya banyak bertumbuhan pelaku-pelaku usaha disektor menengah ke bawah ini.

Karena itu, melalui koperasi seperti halnya KSU Rejosari ini diharapkan akan mampu menjadi penggerak pelaku-pelaku usaha yang mampu menjadi bagian penting untuk mengembangkan sumber ekonomi baru dimasyarakat.

"Riau ini kekurangan pelaku usaha menengah ke bawah UMKM-laya. Makanya kita terus mendorong koperasi secara umum mau pun KSU Rejorasi khususnya kita dorong terus. Makanya kita sinergikan dengan BUMD yang ada, sehingga koperasi ini mendapatkan akses pinjaman modal agar dapat berkembang terus," harap Andi.

Lebih lanjut, mantan anggota DPR RI ini juga mendorong koperasi menyesuaikan zaman dengan memanfaatkan informasi Tekhnologi (IT). "Dengan IT mudahan tak megalami kesulitan, jadi tak manual lagi. Karena sejatinya, perkembangan zaman yang sudah semakin cepat berkembang ini mau tidak mau harus diikuti. Karena mellaui IT anggota tak lagi perlu ke kantor, atau bisa mengakses setuiap saat perkembangan usaha koperasi. Misalnya melalui handpone, ini tentunya semakin menambah kepercayaan anggota," ungkap Andi.

Sementara, pimpinan KSU Rejosari Elwi menyatakan awalnya koperasi yang dipimpinnya tersebut berawal dari perkumpulan ibu-ibu PKK tepatnya pada April 1988 silam. Dengan jumlah anggota saat itu hanya 18 orang. Kini KSU Rejosari sudah memiliki anggota 317 orang. Dengan total aset Rp6 miliar lebih serta dengan SHU Rp800 juta lebih. Ada pun terkait dengan berdirinya gedung baru Koperasi ini pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2015 yang digelar pada Februari 2016 lalu semua anggota koperasi sepakat menghibahkan semua SHU sebanyak Rp220 juta untuk pembangunan gedung baru yang hari ini diresmikan Gubernur Riau.

"Alhamdulillah KSU Rejosari ini pernah mendapatkan koperasi berprestasi tingkat nasional yang penghargaanya diserahkan di NTT Kupang oleh Wapres RI," papar Hj Elwi.(rtc)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »