Gubri Sidak Sekolah Yang Lakukan Pungli

Dibaca: 48914 kali  Sabtu, 11 Maret 2017 | 10:41:56 WIB
Gubri Sidak Sekolah Yang Lakukan Pungli
Ket Foto : foto internet

PEKANBARU - riautribune : Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman akan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa sekolah di Riau, khususnya Pekanbaru yang diduga masih melakukan pungutan liar (pungli) uang sekolah. Kita akan datangi sekolah-sekolah SMA yang masih memungut biaya sekolah tambahan," kata Andi Rachman

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meminta kepada pihak sekolah tidak ada lagi yang melakukan pungutan liar (Pungli)"
Ditegaskan Andi, pihaknya akan menghimpun dan menindaklanjuti sejumlah laporan masyarakat mengenai praktik-praktik pungutan liar (pungli) di sekolah.

"Kita kan sudah ingatkan, sudah ada tim saber pungli. Kalau ada masalah bicarakan cepat dengan Dinas Pendidikan," tegasnya.

Orang nomor satu di Riau ini pun tak segan-segan akan mempenjarakan kepala sekolah yang terbukti 'memelihara' praktik melanggar hukum itu.

"Kalau memang ada temuan, kita selesaikan permasalahannya sesuai jalur yang ada," pungkasnya. Tidak hanya itu, orang nomor satu di Riau ini juga meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan Riau Kamsol untuk meningkatkan pengawasan dan pemahaman kepada sekolah khususnya tingkat SMA yang kini sudah menjadi tanggung jawabnya.

Pentingnya pengawasan dan pemahaman kepada sekolah-sekolah tingkat atas tersebut, untuk mengantisipasi tindakan-tindakan yang bertentangan dengan ketentuan.

"Sebetulnya dalam rakor kita bersama kepala sekolah, TU dan orang tua murid di Riau sudah kita ingatkan jangan ada lagi pungli. Kemudian seiring bertambahnya kewenangan SMA ke provinsi tentu bertambah pula tanggung jawab. Karena itu, Kadisdik juga harus meningkatkan kinerjanya," kata Andi Rachman (sapaa akrab Gubri), Jumat (10/3/17).

Mantan anggota DPR RI akan meminta penjelasan perihal adanya pungli di sekolah-sekolah yang belakangan mulai ada yang mengeluhkan. Selain itu, Andi juga menyatakan akan mengunjungi sejumlah SMA di Riau untuk mengingatkan soal pungli tersebut.

"Tadinya mau memangil Kadisdik (hari ini), tapi hari ini ada acara tadi mau jumpa Staf Ahli Kemenpan. Kita minta Dinas Pendidikan juga betul-betul memperbaiki kinerja mereka dengan bertambahnya kewenangan mereka. Nanti Senin mau ke Rumbai dan sama di Duri," ujar Andi
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Rabu, 25 Maret 2020 - 17:48:59 WIB

PERSOALAN WABAH COVID-19 DAN GEOPOLITIK PEMERINTAH DAERAH

Perkembangan teknologi perhubungan telah meluaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, juga dalam perekonomian. Arus pergerakan orang, barang dan uang pun meningkat serta berimbas pada tuntutan pelonggaran pintu-pintu masuk ke suatu daerah. Kata-kata globalisasi, integrasi regional, infrastruktur hingga deregulasi menggambarkan kecenderungan tersebu