DPRD Minta Pabrik Karet Bangkinang Dipindahkan

Dibaca: 48215 kali  Senin, 06 Maret 2017 | 12:45:51 WIB
DPRD Minta Pabrik Karet Bangkinang Dipindahkan
Ket Foto : foto internet

PEKANBARU - riautribune : Selama ini masyarakat yang berada di sekitaran jalan Taskurun khususnya di RW 2 Wonorejo Pekanbaru, resah atas keberadaan Pabrik Karet Bangkinang di daerah tersebut. Padahal daerah itu merupakan kawasan dengan pemukiman padat penduduk.
 
Selalu saja masyarakat berharap agar pabrik karet ini untuk segera bisa pindah, namun belakangan diketahui pabrik itu justru izinnya diperpanjang oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Kebijakan pemerintah ini tentu saja dikecam oleh warga.

"Padahal kita sudah menggelar rapat lengkap dengan lurah, dan sudah jelas semua masyarakat terang-terangan menolak kalau pabrik ini izinnya diperpanjang. Kok aneh malah esoknya lurah mengeluarkan izin baru. Ada-ada aja Pemko ini, orang minta Pabrik dipindahkan kok malah diberi izin," kata salah seorang warga setempat yang juga Anggota DPRD Kota Pekanbaru Zaidir Albaiza SH MH, kepada wartawan, Senin (06/03).
 
Zaidir yang merupakan Ketua DPC PKB Kota Pekanbaru ini juga menyatakan bahwa pabrik itu sudah tak layak lagi berada di tengah kota, karena berakibat juga kepada tempat usaha warga, karena keluarnya bau busuk dari pabrik karet tersebut.
 
"Selain mengeluarkan aroma busuk yang menyengat, juga limbahnya sangat berbahaya terhadap kesehatan masyarakat. Karena pabrik ini berada di tengah pemukiman," ujarnya

Untuk itu, sebagai warga tempatan dan wakil rakyat di DPRD Kota Pekanbaru, Zaidir mendesak Pemko Pekanbaru segera memindahkan pabrik tersebut dan tidak memperpanjang lagi perizinannya. Jikalau Walikota bermukim di lingkungan sekitar pabrik tersebut, kata Zaidir, maka Walikota pun akan risih dan segera meminta pabrik itu pindah.
 
"Maka dari itu saya minta Pemko Pekanbaru menepati janjinya. Walikota sebelumnya janji pada 2016 pabrik itu akan pindah. Ini benar-benar kita tagih, karena masyarakat sudah tidak sanggup lagi diracun oleh bau tidak sedap dari pabrik tersebut," tandasnya.(ra)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Sabtu, 15 Desember 2018 - 11:10:58 WIB

Pelantikkan DPC Demokrat oleh SBY Terasa Gezah

PEKANBARU-riautribune: Sekalipun sempat didera oleh peristiwa perusakkan baleho dan bendera partai Demokrat, gesa pelantikkan DPC Demokrat se Riau tetap terasa. Disaksikan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri dan pengurus DPP lainnya, seluruh pengurus DPC Partai Demokrat se-Riau resmi dilantik. Pengurus dilantik oleh Ketua DPD Partai Demokrat Riau, Asri Auzar di salah satu hotel, Pekanbaru, Sabtu (15/12/18).

Jumat, 14 Desember 2018 - 17:41:05 WIB

Dipasangkan Tanjak, dan dijamu Makanan Khas Melayu

PEKANBARU-riautribune: - Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Tiba di Pekanbaru, tepat sebelum Sholat Jumat. Presiden RI ke 6 ini langsung di sambut dengan diserahkan Tanjak Riau, turut disambut oleh Gubernur Riau Wan Thamrin , Ketua MKA LAM Riau Al Azhar, Ketua DPD Demokrayt Riau Asri Auzar dan Sekretaris DPD Eddy Mohammad Yatim, Jumat (14/12).