Bupati Bengkalis Terima Penghargaan dari Kapolri

Dibaca: 40399 kali  Sabtu, 04 Maret 2017 | 09:07:58 WIB
Bupati Bengkalis Terima Penghargaan dari Kapolri
Ket Foto :

BENGKALIS - riautribune : Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Jumat (3/3/2017), menerima penghargaan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian atas kepedulian Pemerintah Kabupaten Bengkalis membangun rumah kantor Babinkamtibmas di sejumlah desa.

Penyerahan penghargaan kepada Bupati Bengkalis disaksikan oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, seluruh bupati/walikota dan Kapolres se-Riau. Kapolri menilai pembangunan pos Bintara pembinanaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Babinkamtibmas) di desa-desa, merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah dalam menciptakan keamanan dan ketenteraman masyarakat.

Selain Bupati Bengkalis, turut menerima penghargaan dari Kapolri, tiga kepala daerah lainnya, yakni Bupati Siak Syamsuwar, Bupati Rokan Hilir Suyatno dan Wakil Bupati Indragiri Hilir. Penghargaan yang diberikakan kepada kepala daerah, dalam bentuk piagam dan pin.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian, memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang peduli memberikan dukungan kepada jajaran kepolisian untuk menciptakan kamtibmas yang selalu kondusif. Untuk itu atas dasar itu, maka pihak kepolisian memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang peduli. Dengan kehadiran rumah kantor Babinkamtibmas, semakin mendekatkan polisi dengan masyarakat. kemudian mampu mendeteksi sekaligus meninimalisir tindakan kriminalitas di masyarakat, ujar Tito Karnavian.

Seperti diketahui, jumlah rumah kantor Babinkamtibmas yang sudah dibangun mencapai 63 unit, sedangkan yang sudah dioperasikan sebanyak 55 unit. Sumber dana pembangunan rumah kantor Babinkamtibmas ini berasal dari bantuan khusus Pemerintah Kabupaten Bnegkalis kepada desa untuk percepatan pembangunan infrastruktur pedesaan dan alokasi dana desa (ADD).

Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan penghargaan yang diterima merupakan hadiah untuk masyarakat sekaligus tantangan. Mengingat, menciptakan situasi aman, tidak semata berada di pundak aparat kepolisian, namun tanggungjawab pemerintah daerah dan elemen masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan mantan Kepala Desa Muara Basung ini, keberadaan Babinkamtibmas sangat dibutuhkan masyarakat khususnya di pedesaan dalam mewujudkan dan memelihara keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.

Kehadiran polisi, khususnya anggota Babinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat desa, banyak memberikan manfaat. Terutama dalam hal pemahaman dan menumbuhkan kesadaran warga terhadap hukum. Masyarakat selalu mendapatkan pencerahan dari polisi, tentang deteksi dini kriminialitas, penyelesaian konflik cepat serta memupuk semangat peduli menjaga kamtibmas.

Apalagi saat ini, aksi tindak kejahatan di desa tak kalah dengan dengan di kota, seperti peredaran narkoba dan aksi pencurian. Dalam mengantisipasi hal tersebut, tentu butuh komitmen dari masyarakat untuk bergandeng tangan dengan aparat kepolisian.

''Alhamdulillah, kehadiran anggota Babinkamtibmas di tengah masyarakat, perlahan-lahan membuat masyarakat sadar hukum,'' tandas Amril Mukminin.(hrc)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »