Bupati Siak Resmikan Toko Tani Indonesia

Dibaca: 22073 kali  Sabtu, 04 Maret 2017 | 08:56:02 WIB
Bupati Siak Resmikan Toko Tani Indonesia
Ket Foto : foto antara

SIAK SRI INDRAPURA - riautribune : Bupati Siak Syamsuar berharap kehadiran Toko Tani Indonesia (TTI) diwilayah setempat bisa dikelola lebih profesional sehingga dapat memutus mata rantai distribusi bahan pangan yang panjang, untuk stabilisasi jumlah pasokan dan harga pangan pokok.
    
"Toko tani didirikan untuk memotong rantai pasokan pangan yang pendistribusian selama ini terlalu panjang, yang memberikan keuntungan pada sekelompok orang saja, sehingga menimbulkan ketidakstabilan harga," ujar Bupati Siak usai meresmikan TTI di Perawang Kecamatan Tualang, Jumat.
   
Menurutnya, TTI dapat menjadi jembatan untuk memasarkan pangan kepada masyarakat dengan harga terjangkau namun berkualitas, dan petani dapat memiliki harga pangan yang tinggi.
   
"Dengan dilaunchingnya TTI ini harus semakin menimbulkan semangat petani di Siak untuk menggeluti usaha pertanian ini," katanya dengan semangat.
   
Baginya, ketahanan pangan menurut ilmu kemiliteran merupakan hal yang mesti dijaga dan dipertahankan. Jika ada masalah harus diatasi sedini dan sebaik mungkin, karena bisa merusak ketahanan negara. Makanya jangan heran jika TNI turut bertani,"sebut Bupati.
   
Sementara itu, Kepala Dinas Pertahanan Pangan Provinsi Riau Darmansyah menyampaikan toko tani untuk menyerap produk pertanian dengan harga yang layak dan menguntungkan petani, khususnya bahan pangan pokok dan strategis.
   
"Kemudian mendukung stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok dan strategis, serta memberikan kemudahan akses konsumen/masyarakat terhadap bahan pangan pokok dan strategis, dengan harga yang terjangkau dan wajar," jelas Darmansyah.
   
Program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) melalui TTI ini merupakan terobosan baru yang dilakukan pemerintah pusat di seluruh Indonesia.
   
Pada acara peresmian TTI di Perawang itu turut hadir Ketua TP PKK Siak Hj Misnarni, Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Siak Sarial, Kadis Pertanian dan holtikultura Rubiati, Camat Tualang Zalik Effendi, Kepala Kelurahan Perawang, Yudha Rajasa dan undangan launnya.(antr)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »