Sharp Kukuhkan Anggota Baru Sharp Greenerator Generasi II

Sharp Greenerator - Teenagers Save Nature

Dibaca: 74029 kali  Selasa, 28 Februari 2017 | 15:27:33 WIB
Sharp Greenerator - Teenagers Save Nature
Ket Foto : foto Riautribune.com

JAKARTA – riautribune : Di tahun 2017, kembali SHARP GREENERATOR mengukuhkan anggota baru sebanyak empat puluh lima orang yang berasal dari siswa-siswi sekolah di wilayah Bogor dan sekitarnya. Rangkaian seleksi anggota baru telah berlangsung selama bulan Januari 2017 dengan melakukan road show ke beberapa sekolah  menengah umum di kota Bogor.

Sebanyak lebih dari 100 aplikasi pendaftaran yang masuk tetapi hanya empat puluh siswa yang berhasil terpilih menjadi anggota SHARP GREENERATOR generasi kedua ini dan masuk kedalam kegiatan boot camp yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 25 -26 Februari 2017. Keempat puluh lima siswa ini lolos sesi penyaringan berdasarkan tulisan mereka mengenai motivasi dan pengetahuan dasar mengenai pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati Indonesia.

Bertempat di kawasan Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Pulau Pari, Jakarta, keempat puluh lima anak ini mendapatkan pelatihan mengenai konservasi lingkungan dan keanekaragaman hayati dari yayasan nirlaba yang menjadi pendamping SHARP GREENERATOR dari awal berdiri yaitu Pusat Konservasi Tumbuhan – Kebun Raya Bogor ( LIPI ), Yayasan Transformasi Hijau, Yayasan Borneo Orang Utan Survival ( BOS ),  Yayasan Terumbu Karang Indonesia ( TERANGI ) dan World Wildlife Fund  ( WWF ) Indonesia seperti monitoring terumbu karang dan ekosistem pesisir serta workshop pemanfaatan rumput laut dan cara pembuatan selai dari bahan dasar rumput laut yang didemokan oleh warga pulau hasil pendampingan Pusat Penelitian Oseanografi LIPI di Pulau Pari.

Guna meningkatkan kemampuan mereka menjadi generasi penerus yang memiliki visi dan misi yang kuat dalam mengkampanyekan pelestarian lingkungan, mereka pun ditantang untuk membuat rencana kegiatan selama satu tahun ke depan “Sebelumnya, mereka pun diharuskan mengikuti sesi visioning terlebih dahulu untuk menyatukan visi dan misi dari keempat puluh lima anak ini agar selaras dengan visi dan misi yang dimiliki oleh SHARP GREENERATOR”, ungkap Pandu Setio selaku PR, CSR & Promotion Manager PT SHARP Electronics Indonesia.

Melalui sesi visioning, lahirlah beberapa kegiatan yang akan siap dijalankan oleh SHARP GREENERATOR selama satu tahun kedepan. selain itu dalam kegiatan ini SHARP GREENERATOR meluncurkan jargon yang siap digunakan dalam mengkampanyekan aksi-aksi mereka. Jargon ‘Teenagers Save Nature’  dipilih karena dirasa mampu memiliki semangat dari SHARP GREENERATOR yang beranggotakan para remaja yang memiliki visi dan misi untuk membuat perubahan demi lingkungan yang lebih baik dengan cara melakukan aksi nyata pelestarian lingkungan dan keanekaragam hayati Indonesia.  

Tanpa menunggu waktu lama, di hari kedua pelaksanaan Boot Camp SHARP GREENERATOR Generasi kedua, mereka langsung melakukan aksi pertamanya dengan melakukan aksi bersih Pulau Pari sisi bagian barat, aksi ini berhasil mengumpulkan sampah anorganik yang terbawa arus laut  maupun sampah pengunjung seberat 95 kg, tidak hanya itu mereka pun menanam 100 pohon bakau ( mangrove ) berjenis Rhizophora spp sebagai salah satu upaya untuk melindungi pantai dari proses erosi atau abrasi, serta menahan atau menyerap tiupan angin kencang dari laut ke darat.

“Ke depannya diharapkan Komunitas SHARP GREENERATOR akan terus berkembang dan mampu menjadi komunitas anak muda yang berperan dalam peletarian lingkungan dan keanekaragaman hayati di Indonesia, ini hanyalah langkah awal dari PT SHARP Electronics Indonesia sebagai inisiator untuk memberikan wadah bagi anak- anak muda di Indonesia khususnya Bogor. Semoga nantinya komunitai ni akan menjaring anak-anak muda dari kota – kota lainnya”, tutup Pandu.

Di tahun pertama pendiriannya, SHARP GREENERATOR dianugerahi Indonesia’s Best Corporate  Social Iniatives 2016 Untuk kategori  Cause promotional / Social Campaign, sebuah program penghargaan Corporate Social Responsibility ( CSR ) pertama di Indonesia yang diselenggarakan secara terintegrasi  dengan program marketing  yang berorentasi social oleh majalah Mix Communication. (rls)

 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »