Ustadz Syafiq Riza Basalamah IKembali si Tausiah di Kota Bertuah

Dibaca: 41511 kali  Sabtu, 25 Februari 2017 | 12:36:24 WIB
Ustadz Syafiq Riza Basalamah IKembali si Tausiah di Kota Bertuah
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune : Setelah sebelumnya membuat Masjid Agung An Nur Kota Pekanbaru Provinsi Riau dibanjiri ribuan jamaah, kali ini Ustadz Dr Syafiq Riza Hasan Basalamah MA kembali akan mengunjungi Kota Bertuah Pekanbaru.

Beliau dijadwalkan akan mengisi kajian pada akhir pekan ini, Sabtu-Ahad (25-26/2/2017) di beberapa lokasi di Kota Pekanbaru. Dimana, pada Sabtu, Ustadz Dr Syafiq Riza Hasan Basalamah MA akan mengisi kajian khusus akhwat (wanita) di Masjid Imam Ibnu Katsir beralamat di Jalan Belidang Kelurahan Muara Fajar Kecamatan Rumbai Pekanbaru. Kajian di masjid yang berada di kompleks pesantren asuhan Ustadz Abuz Zubair Hawaary ini, dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai dengan tema kajian "Teruslah Melangkah".

Setelah paginya di Masjid Imam Ibnu Katsir, kemudian hari yang sama usai Shalat Maghrib, Ustadz Dr Syafiq Riza Hasan Basalamah MA akan mengisi kajian umum di Masjid Imam Asy-Syafi'i yang beralamat di Jalan Soekarno-Hatta/Arengka I Pekanbaru. Kajian umum ini bertema "Mengapa Harus Takut".

Kemudian pada Ahad pagi, mulai pukul 08.00-11.00 WIB, merupakan acara puncak, kajian tabligh akbar terbuka untuk umum, dengan lokasi kajian di Masjid Raudhatul Jannah beralamat di Jalan Tuanku Tambusai (depan global bangunan Pekanbaru). Kajian tabligh akbar ini dengan tema "Haruskah Aku Mencintainya".

Melihat kajian yang sudah-sudah, jika kita ingin ikut kajian secara maksimal, maka hadirlah satu jam sebelum kajian dimulai, karena diprediksi akan hadir ribuan jamaah untuk mengikuti kajian yang diisi oleh ustadz alumni Universitas Madinah tersebut.

Sebelumnya, Ustadz Dr Syafiq Riza Hasan Basalamah LC MA juga diundang Polresta Pekanbaru untuk mengisi kajian tabligh akbar di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru, Sabtu (26/12/2015) lalu. Saat itu tema kajian yakni "Untukmu Negeriku". Acara yang ditaja oleh Polresta Pekanbaru ini disambut antusias oleh ribuan jamaah. Dalam kesempatan ini hadir juga Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman yang saat itu masih Plt (pelaksana tugas gubernur).

Nah, bagi Anda yang belum begitu mengenal Ustadz Dr Syafiq Riza Hasan Basalamah LC MA, berikut kami akan sampaikan biografi singkat beliau -hafidhaullah-.

Beliau merupakan alumni Universitas Madinah atau Islamic Univercity Of Madinah. Dia memang tergolong ustadz muda asal Indonesia yang berhasil menyelesaikan gelar doktor di Madinah, karena selama ini banyak yang bilang sangat sulit untuk bisa menyelesaikan pendidikan di Madinah. Namun hal itu terbanyahkan, banyak sudah buktinya ustadz muda dari Indonesia berhasil bergelar doktor di Madinah, salah satunya Ustadz Dr Syafiq Riza Hasan Basalamah LC MA.

Ustadz ini mempunyai nama lengkap Dr Syafiq Riza Hasan Basalamah LC MA. Beliau adalah salah satu diantara sekian banyak mahasiswa Indonesia yang memiliki nilai fantastis di Univercity Of Madinah atau Universitas Madinah. Ustadz Dr Syafiq Riza Hasan Basalamah LC MA lulus dengan nilai Summa Cumlaude atau nilai sempurna dalam setiap mata kuliah.

Prestasi yang membuat beliau -hafidzahullah- menjadi perhatian banyak pihak termasuk para dosennya, yakni judul desertasinya yang fenomenal yaitu dengan judul "Peran Lembaga dan Organisasi Islam Dalam Membendung Kristenisasi di Indonesia".

Dalam desertasi tersebut, Ustadz Dr Syafiq Riza Hasan Basalamah LC MA mengungkapkan bagaimana peran ormas Islam yang ada di Indonesia bahu-membahu untuk membendung kekuatan kristenisasi yang ada di Indonesia, serta berbagai macam kendala yang dilakukan oleh beberapa ormas Islam seperti Muhammadiyah dan juga NU untuk memberantas program Kristenisasi yang ada di Indonesia.

Atas keberhasilannya tersebut beliau disarankan oleh doktor-doktor dewan sidangnya untuk melanjutkan studinya di Arab Saudi. Dan juga menterjemahkan desertasi yang telah beliau buat kedalam beberapa bahasa sehingga semakin banyak masyarakat yang mengerti dan juga paham tentang desertasi yang pernah beliau buat tersebut, karena sangat penting diketahui masyarakat.

Ustadz Dr Syafiq Riza Hasan Basalamah LC MA sebelum ke Madinah, dia pernah menimba ilmu di Pesantren Islam Al Irsyad Bondowoso. Disertasinya berjudul Juhuudu Al Muassasaat wal Hai’aat Al Islaamiyyah Fi Indonesia Fi At Tashoddi Li At Tanshiir (Usaha Organisasi dan Lembaga Islam di Indonesia Dalam Membendung Kristenisasi) berhasil dipertahankan di hadapan tiga penguji, yaitu:
- Syaikh Prof. Dr. Ali bin Ibrahim An-Namlah,
- Syaikh Prof. Dr. Ghozi bin Ghozi Al-Mutthoiri, dan
- Syaikh Dr. Fuad Abduh al -Ba'daani.

Sidang disertasi yang diadakan di aula munaqasyah fakultas dakwah dan ushuluddin ini menghasilkan nilai yang sangat memuaskan, penguji memberikannya Mumtaz ‘Ala Darajah Syaraf Al ula (Cumlaude Summa Cumlaude). Pihak kampus menginginkan agar karya UstadzDr Syafiq Riza Hasan Basalamah LC MA diterjemahkan dan dicetak di Indonesia.(ra)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »