Gubri Tinjau TPS Pilkada Serentak di Kab. Kampar dan Pekanbaru

Dibaca: 30837 kali  Kamis, 16 Februari 2017 | 10:27:53 WIB
Gubri Tinjau TPS Pilkada Serentak di Kab. Kampar dan Pekanbaru
Ket Foto : foto Humas Pemprov

PEKANBARU — riautribune : Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melakukan penunjauan ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru. Dari hasil peninjauannya, secara keseluruhan Pilkada di kedua daerah ini berjalan aman dan lancar. Meskipun ada sedikit hambatan, namun bisa diatasi.

Turut serta dalam peninjauan ini antara lain Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Kapolda Irjen Pol Zulkarnain, Danrem 031/WB Brigjend TNI Nurendi, Penjabat Bupati Kampar Syahrial Abdi, serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya.

Saat berkunjung TPS 10 dan 20 Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, sejumlah ibu-ibu terlihat senang. Pasalnya, partisipasi mereka dalam menyukseskan Pilkada Serentak dilihat langsung oleh gubernur dan pejabat lainnya.

Terlihat Gubri selalu menyempatkan diri menyalami dan berbincang dengan warga yang menggunakan hak suaranya di TPS. “Terima kasih ya telah menggunakan hak suaranya,” ungkap Gubri.

Dalam peninjauan itu, Andi Rachman, sapaan akrab Arsyadjuliandi Rachman, juga mendapat laporan dari Penjabat Bupati Kampar Syahrial Abdi tentang dugaan kecurangan yang dilakukan oleh seorang Ketua KPPS di TPS 3 Desa Kumantan, Bangkinang.

“Ada temuan di Bangkinang. Kalau nggak salah di Desa Kumantan. Ada Ketua KPPS yang diduga menusuk empat kertas surat,” kata Andi. Andi menjelaskan, berdasarkan informasi terakhir yang ia terima, Ketua KPPS tersebut tengah disidang dan dimintai keterangan.

“Sedang disidang,” singkat Andi ketika ditemui di TPS 21 Jalan Pinang, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, tempat ia melakukan pencoblosan untuk Pilkada Pekanbaru bersama istrinya Ny Sisilita. Usai mencoblos, ia melanjutkan langkahnya meninjau TPS 64 Jalan Neraca, Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Hal senada disampaikan Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara kepada wartawan. Meski ada laporan dugaan kecurangan seperti pencoblosan lebih dari satu kali oleh seorang panitia, namun situasi pemungutan suara berjalan aman dan lancar.

“Tadi saya sendiri memantau di Pekanbaru, kemudian bersama Pak Gubernur (Arsyadjuliandi Rachman) memantau TPS lainnya di Kampar,” kata Zulkarnain, Rabu (15/2/2017).

Dari laporan anak buahnya di lapangan, dalam pesta demokrasi ini tidak ditemukan adanya kejadian yang menonjol. Zulkarnain meyakini Pilkada berjalan lancar, aman dan damai sebagaimana harapan dari kepolisian.

“Alhamdulillah ya, pemungutan suara di dua daerah berlangsung kondusif. Sejauh ini berjalan baik dan lancar,” kata perwira tinggi jebolan Akademi Kepolisian tahun 1985 ini.

Sementara itu, Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SIk mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang mendukung Pilkada damai di wilayah yang dia pimpin. Sejauh ini, lanjutnya, pemungutan suara dan penghitungan di sejumlah TPS berjalan normal.

“Alhamdulilah semua aman dan lancar. Proses pemungutan suara berlangsung kondusif seperti yang kita harapkan selama ini. Surat suara tidak ada masalah, dan masyarakat juga sangat baik menjalankan proses ini,” kata Edy.(kro)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Citizen Journalism" Index »