UR Peringkat ke-9 Perguruan Tinggi Terbaik se-Indonesia

Dibaca: 147590 kali  Selasa, 01 September 2015 | 10:34:07 WIB
UR Peringkat ke-9 Perguruan Tinggi Terbaik se-Indonesia
Ket Foto : ilustrasi : internet

PEKANBARU-riautribune: Universitas Riau (UR) kembali ukir prestasi melalui pemeringkatan oleh “UI Greenmetric Ranking of World University”. UR masuk dalam peringkat ke-9 se-Indonesia, atau peringkat 217 perguruan tinggi terbaik di dunia.

UR dinilai memiliki komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Pada pemeringkatan tahun lalu, UR berada pada peringkat ke-10 se-Indonesia. Penilaian dilakukan berdasarkan metodologi dan survei oleh Tim UI Greenmetric dengan mengembangkan bobot indikator penilaian yang terdiri dari Statistik Kehijauan Kampus (15%), Pengelolaan Sampah (18%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), dan Pendidikan (18%).

Prestasi ini sejalan dengan konsep yang diterapkan di Universitas Riau, “Kampus dalam Taman.” Universitas Riau sangat menjaga komitmennya dalam upaya pelestarian lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari adanya areal Arboretum di kampus UR. Selain itu, penataan taman serta kebersihan dan ketertiban lingkungan juga menjadi prioritas yang di kembangkan di kampus Universitas Riau.

Konsep kampus di dalam taman memang mulai terasa di lingkungan UR. Penanaman pohon-pohon baru dan perawatan bunga-bunga merupakan bukti nyata keseriusan UR dalam mewujudkan konsep tersebut. Sebagai learning University, lingkungan kampus yang asri, teduh, dan nyaman untuk belajar merupakan salah satu komponen yang penting.

Universitas Riau juga telah mencanangkan pogram Eco-Edu-Campus. Dimana mahasiswa atau pun masyarakat ketika masuk ke Universitas Riau dapat merasakan atau memperlajari apa yang telah disediakan UR. Seperti taman pengetahuan (Science park), yang akan menjadi sumber penelitian dan untuk pengembangan riset dalam bidang kesehatan. Karena di taman pengetahuan UR terdapat berbagai macam tumbuhan. Kemudian, di taman pengetahuan juga disediakan tempat bermain. Seperti ayunan anak, alat peraga pengetahuan, tempat duduk untuk bersantai. Taman pengetahuan juga bisa dijadikan sebagai tempat pertemuan bagi mahasiswa UR itu sendiri dan juga masyarakat

Universitas Riau juga menyediakan sarana pendidikan mahasiswa berupa bangku untuk tempat berdiskusi dan membaca yang diletak disekitar taman dan dibawah perpohonan, selain itu hutan arboretum dan waduk yang masih belum berfungsi direncanakan dikelola kembali yang bekerjasama dengan mahasiswa untuk memeilihara tempat terseebut dan waduk juga akan diberi perahu-perahu agar bisa menjadi wisata pendidikan.
 
Di sore hari mahasiswa dapat menikmati tempat-tempat olahraga yang telah disediakan seperti jogging track,dan taman olahraga selain itu mahasiswa juga dapat menikmati pemandangan dan berfoto disekitar butterfly bridge.

Selain itu, dalam konteks keseriusan Universitas Riau dalam bidang penelitian, juga dapat dibuktikan melalui prestasi yang telah diraih UR pada akhir tahun lalu. Berdasarkan penilaian dari lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia berdasarkan jurnal dan publikasi internasional yang bernama scopus, menempatkan dan mencatat UR pada posisi ke-19 diantara hanya 54 PT di Indonesia yang terdaftar di scopus. Yang mana, jumlah jurnal internasional dari dosen UR yang terdaftar di scopus sebanyak 103 disumbangkan oleh 34 dosen UR.

Berdasarkan Pemeringkatan Webometrics, Universitas Riau termasuk dalam peringkat ke-2410 Dunia dan Peringkat ke-15 se-indonesia. Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20 ribu Perguruan Tinggi diseluruh dunia.

Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics, yaitu berdasarkan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking, Kemudian berdasarkan jumlah halaman website dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Selanjutnya berdasarkan indikator jumlah eksternal link yang unik yang diterima oleh domain web universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Serta indikator jumlah file dokumen yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). (hms ur/ops)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Rabu, 25 Maret 2020 - 17:48:59 WIB

PERSOALAN WABAH COVID-19 DAN GEOPOLITIK PEMERINTAH DAERAH

Perkembangan teknologi perhubungan telah meluaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, juga dalam perekonomian. Arus pergerakan orang, barang dan uang pun meningkat serta berimbas pada tuntutan pelonggaran pintu-pintu masuk ke suatu daerah. Kata-kata globalisasi, integrasi regional, infrastruktur hingga deregulasi menggambarkan kecenderungan tersebu