Bengkalis Dikepung Kabut Asap Kiriman

Dibaca: 70775 kali  Senin, 31 Agustus 2015 | 17:24:00 WIB
Bengkalis Dikepung Kabut Asap Kiriman
Ket Foto : Kabupaten Bengkalis sejak dua hari ini mulai diselimuti kabut asap.(foto: internet)

BENGKALIS-riautribune: Sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis sejak dua hari ini mulai diselimuti kabut asap. Kabut asap tersebut merupakan kiriman dari daerah lain. Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah-Pemadam Kebakaran (BPBD-Damkar) Bengkalis sendiri mengklaim sejauh ini hot spot atau titik api diseluruh Bengkalis. nihil.

Pantauan langsung, udara Bengkalis terasa agak panas disertai angin yang lumayan kencang. Udara terlihat mendung seperti hendak hujan, yang diakibatkan kabut asap mulai menebal. Meskipun belum membahayakan, namun dalam beberapa hari ke depan apabila tidak turun hujan, kabut asap diperkirakan akan semakin menebal menyelimuti udara Bengkalis.

Ketika hal itu dikonfirmasikan kepada Kepala BPBD-Damkar melalui Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Suiswantoro, Ahad (30/08) ia membenarkan kabut asap mulai menutupi udara Bengkalis. Pihaknya sudah mengkonfirmasi dan melakukan cross ceck keseluruh petugas Damkar dilapangan, namun tidak ditemukan titik api sama sekali, dimana kabut asap yang mulai menebal adalah kabut asap kiriman.

“Dalam tiga hari terakhir kita terus melakukan pemantauan lewat petugas dilapangan. Hasilnya hotspot nihil, tidak ditemukan kebakaran hutan dan lahan (karhutla, red) di seluruh kecamatan, termasuk kawasan yang selama ini sering terjadi karhutla. Kabut asap sekarang merupakan
kabut asap kiriman,” papar Suiswantoro.

Diungkapkannya lagi, dua hari lalu memang ditemukan karhutla di Desa Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, tapi masih dalam skala kecil dan api berhasil dipadamkan petugas Damkar. Berdasarkan pantauan BMG, karhutla sekarang ini terjadi di provinsi tetangga yaitu Jambi dan Sumatera Selatan. Kabut asap di Bengkalis, berdasarkan arah angin dari Utara atau Selatan yaitu dari arah Kota Pekanbaru.

“Jadi sebaran asap berasal dari luar Provinsi Riau. Namun kita tetap siagakan seluruh tim damkar di delapan kecamatan untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi karhutla di wilayah Bengkalis. Seluruh petugas Damkar. secara bergiliran disiagakan di Posko Damkar kecamatan,” tambah Suiswantoro. (afa)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »