Wabup Alfedri Ingatkan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Mulai Sekarang

Dibaca: 44057 kali  Senin, 30 Januari 2017 | 10:33:31 WIB
Wabup Alfedri Ingatkan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Mulai Sekarang
Ket Foto : foto Hrc

SIAK - riautribune : Hasil Rapat Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan 2017 di istana Negara Jakarta besama Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu, telah diminta disosialisasikan kepada masyarakat. Itu bertujuan memberikan pencegahan awal terhadap kebakaran hutan dan lahan serta memberikan pemahaman edukasi bagi masyarakat.

Hal itu yang disampaikan Wakil Bupati Siak H Alfedri di sela sela ketika memberikan arahan Apel pagi bersama Senin (30/1/2017).

Rapat Penanganan Karhutla 2017 yang diikuti oleh 9 Provinsi, termasuk salah satunya Riau tersebut diawali dengan laporan dari Menkopolhukam serta dilanjutkan dengan arahan dan petunjuk dari Presiden Joko Widodo pada beberapa waktu yang lalu. Hak tersebut mengingat akan pencegahan kebaran hutan dan lahan untuk di tahun ini.

Menurut beliau pada tahun lalu telah terjadi penurunan titik Hotspot sebanyak 82 pesen dari 17 ribu lebih, itu berkat antisipasi dengan pencegahan lebih awal, untuk itu pula Presiden Joko Widodo meminta siaga terhadap kebakaran Hutan dan lahan di tahun ini.

"Pada hari Senin yang lalu, telah dilaksanakan Rakornas Karhutla yang dipimpin oleh Bapak Presiden Jokowi. Beliau meminta secepatnya antisipasi pencegahan karhuta serta juga meminta siaga darurat," kata Wabup.

Dari hasil Rakornas tersebut pula, Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman telah menetapkan siaga darurat Karhutla, serta dasar berpijak yang terlibat dari segala komponen termasuk armada telah dipersiapkan oleh Badan Penangulangan Bencana Daerah.

"Uuntuk itu diharapkan bagi semua kita maupun aparatur yang terlibat agar bisa bersama sama mengingatkan serta mensosialisasikan kepada masyarakat. Untuk itu pula diminta kesadaran masyarakat dalam melestarikan hutan, serta harus kita berikan edukasi kepada masyarakat. ini harus disosialisasikan kepada mereka sehingga bisa lebih efektif dalam pencegahan karhutla ditahun ini,"tutup dia.(hrc)

 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »