Bengkalis Terdeteksi Miliki Titik Api

Dibaca: 37639 kali  Jumat, 20 Januari 2017 | 10:54:17 WIB
Bengkalis Terdeteksi Miliki Titik Api
Ket Foto : illustrasi Internet

PEKANBARU - riautribune : Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Provinsi Riau pada Kamis sore mendeteksi kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis.

"Hari ini pesawat tempur TNI AU menemukan titik kebakaran di sekitar area Siak Kecil, Bengkalis," kata Kepala Dinas Operasi Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Letkol Firman Cahyono di Pekanbaru.

Firman mengatakan kebakaran tersebut dideteksi oleh pesawat tempur TNI AU yang sedang patroli sekitar pukul 15.00 WIB tadi.

Dalam sepekan terakhir, pesawat tempur F16 dan Hawk 100/200 dari Skadron Udara 16 dan 12 Lanud Roesmin Nurjadin memang terus melakukan patroli udara bersamaan dengan latihan tempur rutin.

Setelah menemukan kebakaran tersebut, pemeriksaan titik api dilanjutkan dengan Helikopter Bell 214 bantuan Kementerian LHK yang telah berada di Pekanbaru.

Hasilnya, titik api dipastikan berada di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. Berdasarkan foto udara yang dilampirkan Lanud Roesmin Nurjadin, kebakaran terjadi di hamparan lahan perkebunan sawit.

Lahan tersebut terlihat sengaja dibakar, sementara sekelilingnya telah dibangun kanal-kanal pembatas.

Sekretaris Manggala Agni Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, Ihsan Abdillah kepada Antara mengatakan tim darat bersama TNI dan Polisi kesulitan mencapai pusat titik api.

"Tim tadi melaporkan kesulitan masuk karena ada parit (kanal). Namun kita sudah koordinasi dengan Polsek setempat untuk berupaya masuk ke dalam," ujarnya.

Lebih jauh, ia mengatakan Jumat besok (20/1), pemadaman akan diupayakan dengan menggunakan helikopter atau pengeboman air (water bombing). "Kita lihat besok, sore ini ada tiga titik api. Dua di Bengkalis dan satu di Siak. Kita lihat mana yang lebih prioritas dulu," urainya.(antr)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »