Peringatan HAB ke 71,

Kemenag Inhu Gelar Syukuran Dan Tabligh Akbar

Dibaca: 52409 kali  Selasa, 17 Januari 2017 | 09:38:59 WIB
Kemenag Inhu Gelar Syukuran Dan Tabligh Akbar
Ket Foto : foto grc

RENGAT - riautribune : Dalam rangka memperingati HAB (Hari Amal Bhakti) ke 71 Kementerian Agama RI, Kantor Kementrian Agama Kabupaten Indragiri Hulu, Riau gelar syukuran dan tabligh akbar. Bertempat di halaman Kantor Kemenag Inhu, Senin (16/1/2017).

Dalam acara itu, panitia menghadirkan penceramah kondang Riau, Al-Ustad Abdul Somad. Acara tersebut juga dihadiri Bupati Inhu H Yopi Arianto, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau Ahmad Supardi, anggota DPRD Inhu Encik Aprizal, Wakapolres Inhu Kompol Dalizon, Danramil Mujibburrahman Hadi, Tokoh Agama dan masyarakat setempat.

"Syukuran dan tabligh akbar ini menjadi puncak dari rangkaian semarak HAB yang telah digelar sejak awal Januari lalu," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Inhu H Abdul Kadir dalam sambutannya.

Ditambahkannya, sepanjang tahun 2015 hingga 2016, Kemenag Inhu melalui Badan Amil Zakat (BAZ) telah menyalurkan dana zakat kepada mustahiq (orang yang berhak menerima zakat) mencapai 2 Miliar rupiah lebih.

Penyaluran dana tersebut, diantaranya diperuntukkan untuk pengelolaan usaha di berbagai sektor termasuk perkebunan, peternakan, fakir miskin serta korban musibah kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu, pungkasnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Riau Ahmad Supardi dalam sambutannya, menyambut baik acara syukuran dan tabligh akbar tersebut. Suksesnya kegiatan ini menurutnya berkat kerjasama serta perhatian yang besar Pemkab Inhu terhadap pentingnya peran Kementerian Agama dalam pembangunan di Inhu.

Selain menjadi ajang silaturahmi, Ahmad Supardi mengharapkan peringatan HAB ke 71 ini mampu menjadi momentum bagi seluruh elemen di lingkungan Kemenag untuk fokus dan meningkatkan kinerja termasuk dalam rangka peningkatan kualitas agama serta kualitas antara umat beragama.

Dalam pada itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto menjelaskan bahwa, dukungan serta perhatian terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan sudah menjadi bagian dari komitmen Pemkab Inhu. Karena hal itu menjadi salah satu upaya Pemkab Inhu dalam rangka mewujudkan serta menjaga kerukunan antar umat beragama yang ada di Inhu.

Selain bidang keagamaan, lanjut Bupati, Pemkab Inhu juga terus berupaya untuk mewujudkan peningkatan berbagai sektor pembangunan lainnya. Sebagai contoh, upaya peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan di RSUD Indrasari dengan pengadaan peralatan cuci darah serta fasilitas-fasilitas kesehatan lainnya.

Diakhir acara, Bupati H Yopi Arianto turut menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba yang diselenggarakan Kemenag Inhu serta bantuan satu unit perlengkapan alat pemotong rumput dan dana modal usaha gipang bihun yang berasal dari BAZ (Badan Amil Zakat) Nasional Inhu.

Menjadi tamu spesial dalam acara tersebut, Ustad H Abdul Somad dalam tausiahnya menuturkan bahwa menjalin silaturahmi merupakan salah satu tuntunan yang diajarkan dalam Islam.

Sebagai salah satu buktinya adalah kegiatan peringatan HAB ini. Menurutnya, peringatan HAB ini menunjukkan sinergitas serta kerjasama yang telah dibangun baik antara Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kabupaten khususnya dalam mewujudkan terciptanya kehidupan keagamaan yang harmonis.(grc)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »