Harga Cabe Kembali Melejit

Dibaca: 50473 kali  Selasa, 10 Januari 2017 | 15:09:56 WIB
Harga Cabe Kembali Melejit
Ket Foto : illustrasi Internet

PEKANBARU - riautribune : Setelah ayam potong naik, kini giliran harga cabe juga ikut membuat warga Kota Pekanbaru menjerit. Terpantau harga di pasaran harga cabe merah Rp50 ribu hingga Rp70 ribu perkilo.
 
"Sesuai informasi yang diterima, memang ada kenaikan harga cabai merah. Ada yang menjual di satu pasar itu Rp50 ribu perkilo, ada juga Rp70 ribu perkilo," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman, Selasa (10/1/2017).
 
Ibra mengakui bahwa harga di pasaran masih bervariasi. Menurut Irba, kenaikan cabe merah yang tidak merata ini disebabkan terjadinya penurunan stok pada centra-centra penghasil cabe.
 
"Kita sudah cek ke centra-nya, memang ada terjadi penurunan stok. Bahkan ada kecendrungan, jika cabe dilempar di daerah lain selain Pekanbaru yang penawarannya lebih tinggi," ungkapnya.
 
Irba juga menghimbau kepada para pelaku usaha cabe, untuk melaporkan ke Disperindag jika mereka kesulitan membeli cabai merah di centra penghasil.
 
"Agar kita bisa menjembatani mereka. Jangan seperti selama ini, dimana pelaku usaha tidak mau melibatkan kita. Jadi saat cabai mahal dan sulit didapat baru ribut," jelasnya.
 
Lebih jauh dikatakan Irba, jika pelaku usaha melibatkan Disperindag, maka pihaknya akan meminta kepada rekan yang ada daerah centra seperti Kabupaten Tanah Datar untuk menjembatani juga. Sehingga pelaku usaha tidak akan kesulitan mendapatkan stok cabai.
 
"Kedepannya, kita juga ada keinginan  menjembatani pelaku usaha untuk menjalin kerjasama antar pelaku usaha yang ada di centra penghasil cabai. Hal ini juga mendapat dukungan dari Plt Wali Kota. Saat ini UPTD pasar juga sedang mendata semua pelaku usaha cabai. Diperkirakan dalam minggu ini semua data sudah terkumpul," tutupnya.
 
Dari pantauan datariau.com di Pasar Cikpuan, kenaikan harga cabe merah ini sudah terjadi sejak dua hari yang lalu. Sebelumnya harga cabe di kios ini kisaran Rp40 ribu sampai Rp60 ribu per kilogramnya. Namun saat ini sudah meroket naik mencapai Rp70 ribu perkilo.
 
Begitu pula dengan harga cabe rawit yang masih tinggi yakni sebesar Rp70 ribu perkilogramnya. Sedangkan untuk komuditi cabe hijau terpantau di harga normal, yaitu kisaran harga Rp35 ribu sampai Rp40 ribu perkilogramnya.
 
Sementara untuk bawang merah dalam kondisi normal di harga Rp26 ribu per kilogramnya. Sempat naik dari harga Rp35 ribu perkilogramnya dari seminggu belakangan. Untuk komoditi bawang putih saat ini masih di harga standar Rp35 ribu per kilogramnya. Begitu pula untuk harga kentang berkisar Rp10 ribu sampai Rp12 ribu perkilogram. Dan tomat di harga Rp8 ribu perkilogramnya.(drc)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Sabtu, 15 Desember 2018 - 11:10:58 WIB

Pelantikkan DPC Demokrat oleh SBY Terasa Gezah

PEKANBARU-riautribune: Sekalipun sempat didera oleh peristiwa perusakkan baleho dan bendera partai Demokrat, gesa pelantikkan DPC Demokrat se Riau tetap terasa. Disaksikan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri dan pengurus DPP lainnya, seluruh pengurus DPC Partai Demokrat se-Riau resmi dilantik. Pengurus dilantik oleh Ketua DPD Partai Demokrat Riau, Asri Auzar di salah satu hotel, Pekanbaru, Sabtu (15/12/18).

Jumat, 14 Desember 2018 - 17:41:05 WIB

Dipasangkan Tanjak, dan dijamu Makanan Khas Melayu

PEKANBARU-riautribune: - Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Tiba di Pekanbaru, tepat sebelum Sholat Jumat. Presiden RI ke 6 ini langsung di sambut dengan diserahkan Tanjak Riau, turut disambut oleh Gubernur Riau Wan Thamrin , Ketua MKA LAM Riau Al Azhar, Ketua DPD Demokrayt Riau Asri Auzar dan Sekretaris DPD Eddy Mohammad Yatim, Jumat (14/12).