Wakil Ketua DPR Fadli Zon Dukung Revitalisasi Alutsista TNI

Dibaca: 40575 kali  Senin, 19 Desember 2016 | 12:56:25 WIB
Wakil Ketua DPR Fadli Zon Dukung Revitalisasi Alutsista TNI
Ket Foto : foto internet

JAKARTA - riautribune : Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon mendukung revitalisasi Alutsista di institusi TNI. Hal itu menyusul jatuhnya pesawat Hercules milik TNI AU di Gunung Tugimaa, Wamena, Papua, pada Minggu kemarin.

"Kami tentu sangat mendukung upaya untuk modernisasi dan revitalisasi Alutsista TNI. Karena kita adalah negara kepulauan yang terbesar, jangkauan juga luas dari Sabang sampai Merauke. Selain laut udara juga penting," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/12/2016).

Fadli mengatakan, perlu dilakukan evaluasi terhadap pengadaan Alutsista ke depannya. Hal itu untuk mencegah kembali terjadi jatuhnya pesawat Hercules di langit Indonesia.

"Kami sangat dukung modernisasi dan Alutsista ini sesegera mungkin. Yang terpenting tepat sesuai kebutuhan. Kami tentu sangat prihatin dan berduka cita atas musibah jatuhnya pesawat Hercules ini dan mudah-mudahan keluarga yang ditinggalkan bisa dikuatkan," ujar Fadli.

"Mungkin perlu dievaluasi. Kita mungkin kekurangan juga transportasi seperti Hercules. Tapi dicek kelayakannya. Kita kan belum tahu juga hasil investigasinya," sambungnya.

Lanjut Fadli, pengadaan Alutsista seharusnya bisa dilakukan dengan membeli barang baru. Seperti diketahui, Hercules yang jatuh pada Minggu (18/12) itu merupakan pesawat hibah dari Australia. Pesawat itu bergabung dengan Skadron 32 Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh pada Februari 2016.

"Ini juga di masa yang akan datang perlu dipertimbangkan. Kan pesawat itu sudah berumur meski ada modernisasi, pergantian sparepart sana-sini, tetap pesawat-pesawat tua. Jadi sebaiknya kita jangan beli barang bekas lah. Saya kira kita bisa rencanakan dengan anggaran yang ada untuk membeli Alutsista yang terbaik," ujar Fadli.(dtk)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Legislator" Index »