Badan Ketahanan Pangan Bekerjasama Dengan PKK Siak

10 Pangan Non Beras Dihidangkan Pada atlet Manca Negara

Dibaca: 34674 kali  Senin, 19 Desember 2016 | 11:15:45 WIB
10 Pangan Non Beras Dihidangkan Pada atlet Manca Negara
Ket Foto :

 SIAK - riautribune : Badan ketahanan pangan melalui kepala badan Drs.Darmansyah langsung mengajak bupati Siak Drs Syamsuar,Msi beserta seluruh jajaran pejabat yang hadir dalam acara lari 10 km harmoni siak dan mar makan makanan lokal non beras, mengkampanyekan jajanan lokal dihadapan seluruh undangan program lari 10 km dan kuliner lokal.

 "Harapan kita, badan ketahanan pangan dan pemkab Siak bisa mengajak warga bahkan wisatawan yang hadir dalam event lari 10 km ini, bisa mengenal apa saja produk jajanan lokal, sehat dan penuh protein tinggi. Bahkan kali ini kita mengangkat tema bahan pangan non beras,"ucap Kepala BKP Riau kepada sejumlah wartawan.

 Adapun 10 menu andalan yang akan disiapkan adalah Mi Goreng Sagu, Bihun Jagung Goreng, Lepat Sagu Pisang, Ongol-ongol Sagu, Pergedel Jagung, Proket Singkong, Onde-onde Talas, Getuk, Lepat Singkong dan Bolu Ubi. Makanankhas ini biasanya menjadi hidangan pada pesta adat dan untuk menyambut tamu-tamu terhormat. Selain itu, juga berkembang di tengah -tengah kehidupan masyarakat.

Lomba lari Siak 10 K akan digelar dengan sentuhan budaya Melayu. Seribu peserta akan dinanti dengan tabuhan kompang dan disuguhi 10 menu tradisional berbahan pangan nonberas usai finish.

Penyajian 10 menu bahan pangan nonberas asal Siak bekerja sama dengan Badan Ketahanan Pangan Provinsi dan PKK Siak. Sehingga 1.000 peserta dalam iven lari Lomba Lari 10 K bakal menikmati sensasi kuliner tradisional Melayu nonberas.

Pihak Provinsi Riau bakal membuka tenda dengan meja panjang yang tersusun rapi hidangan khas asal Siak tersebut. Meskipun awalnya makanan khas ini disediakan bagi peserta pelajar saja, namun dibuka untuk peserta umum.Demikian diungkapkan oleh kepala Badan Ketahanan Pangan Provimsi Ria

Anggota Pokja III TP PKK Siak Sri Darma Putri mengaku senang makanan cita rasa Siak ikut ambil bagian dalam event bergengsi ini. Ia juga tertantang untuk menyiapkan menu-menu andalan yang menjadi kebanggaan masyarakat Siak.

"Alhamdulillah, menu khas dan cita rasa Melayu Siak nonberas bakal hadir dalam event Siak Ten K. Kami sudah siapkan 10 menu, dan bahan pangan asal Siak ini sekaligus di-launching oleh Bupati Siak Syamsuar," ujar dia,baru baru ini.

 "Kami siapkan untuk satu menu 300 porsi. Menu-menu itu nantinya tidak hanya dinikmati peserta pelajar, tapi kami ingin juga dinikmati peserta umum dan luar negri. Mudah-mudahan cukup," kata dia.

 Dia menguraikan, dari 10 menu yang dihidangkan murni berbahan pangan asal Siak. Sedangkan yang akan membuat hidangan ini adalah ibu-ibu rumah tangga di Siak. "Ini benar-benar menu tradisional kita," kata dia.

Penyajian hidangan tradisional Siak ini juga dibahas dalam rapat persiapan yang digelar, di ruang Zamrud kediaman Bupati Siak, kemarin. Dalam rapat hadir Bupati SiakSyamsuar, Ketua PASI Siak Tony Candra, Asisten II Syafrilenti, Kepala Dinnas PPKAD Arif Fadillah, Direktur RSUD Tengku Rafian Siak Ulfa Hanum, pihak kepolisian, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan panitia.(ehm)
    
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »