Besok Pleno Penetapan Cakada Bengkalis

Dibaca: 41104 kali  Ahad, 23 Agustus 2015 | 19:00:33 WIB

BENGKALIS-riautribune: Sesuai jadwal dan tahapan Pilkada serentak, Senin (24/08/2015) pukul 09.00 WIB, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis  akan melakukan pleno penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis. Pleno tersebut akan dihadiri sejumlah udangan.

Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Defitri Akbar dihubungi Ahad (23/08/2015) mengatakan, pleno penetapan pasangan calon tersebut dilakukan internal KPU, namun disaksikan oleh para undangan. "Berita acara atau hasil pleno itu nanti langsung akan kita sampaikan. Apakah ketiganya lolos atau tidak untuk ditetapkan sebagai calon,” ujar Defitri Akbar.

Ditanya kemungkinan ada pasangan yang tidak lolos, praktisi lingkungan hidup ini menambahkan, hal tersebut bisa saja terjadi. “Untuk lebih jelasnya datang saja besok pagi ke KPU,” sebut Dedek lagi.

Tahapan selanjutnya kata Dedek, setelah dilakukan penetapan pasangan calon adalah pencabutan nomor urut, yakni tanggal 26 Agusutus 2015. Jika ketiga pasangan calon dinyatakan lolos, maka ketiga pasangan tersebut yang akan mencabut nomor urut. “Artinya hanya ada tiga nomor urut, 1 sampai 3 saja,” imbuh Dedek.

Berimbang

Terkait dengan publikasi media massa selama masa kampanye oleh masing-masing pasangan calon, kata Dedek hal itu tetap bisa dilakukan. Hanya saja berita yang disajikan harus berimbang, tidak memihak serta memenuhi etika kode etik jurnalistik.

"Berita-berita yang terbit itu akan diawasi langsung oleh komisi penyiaran dan dewan pers. Artinya, kawan-kawan wartawan tetap boleh menerbitkan berita masing-masing pasangan calon, baik saat kampanye maupun tahapan lainnya, tapi tetap harus berimbang. Dan yang pasti memenuhi kode etik jurnalistik,” ujar Dedek.

Sedangkan untuk iklan atau advertorial masing-masing pasangam calon, baru akan diterbitkan selama 1 hari sebelum masa tenang. Sedangkan media mana yang akan ditunjuk atau menerbitkan, ada syarat dan ketentuan yang mengatur.

“Soal media yang mana, nanti akan kita sampaikan apa saja yang menjadi sarat dan ketentuannya. Nanti akan ada undangan untuk kawan-kawan media,” ujar Dedek.  (afa)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »