Gubri Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2016

Dibaca: 23222 kali  Selasa, 15 November 2016 | 08:14:49 WIB
Gubri Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2016
Ket Foto : foto Humas Pemprov

PEKANBARU - riautribune :Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pimpin upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2016 di Ruang melati Kantor gubernur Riau, Senin (14/11). Upacara Hari Kesehatan Nasional Tahun 2016 mengangkat tema "Indonesia Cinta Sehat: Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat".

"Sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat, berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional. Sehingga nantinya, akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai pada Indonesia Kuat,"Ungkap Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Nila Farid Moeloek, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Gubernur Riau.

Menkes mengatakan Program prioritas Pembangunan Kesehatan pada periode 2015 – 2019 dilaksanakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, sekaligus sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Program tersebut dilaksanakan secara bertahap dengan target pada akhir tahun 2019, seluruh Puskesmas di Indonesia telah dapat melaksanakannya. Target ini cukup berat mengingat jumlah Puskesmas di Indonesia sebanyak 9.601 yang tersebar di 34 Provinsi dengan kondisi geografis dan keadaan masyarakatnya berbeda-beda.

"Oleh karena itu, sampai dengan tahun 2018, kita akan memfokuskan pada 9 Provinsi Prioritas, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan", terang Nila. Menkes juga menambahkan, atas dasar pengalaman di 9 Provinsi Prioritas tersebut, kita akan menggerakkan Provinsi lain, untuk mulai melaksanakan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Puskesmas wilayahnya. Tentu saja hal ini tanpa menutup kesempatan bagi provinsi-provinsi di luar 9 provinsi prioritas untuk memulainya sebelum tahun 2019.

Momentum Peringatan HKN ke 52 ini Menkes mengajak semua pihak untuk bekerjasama dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan yang sedang kita lakukan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia, untuk meningkatkan tekad dan semangat kita semua, untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

"Semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan, dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan nasional kita,"pungkasnya.

Dalam upacara yang dihadiri oleh para mahasiswa kesehatan, para pegawai dan pihak Rumah Sakit yang ada di Riau tersebut, juga diserahkan berbagai penghargaan kepada yang berprestasi dibidang kesehatan.(mcr)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Jumat, 24 November 2017 - 22:23:53 WIB

XL Axiata Ajak Karyawan Ciptakan Ideation dan Protoype Digital

PEKANBARU-riautribune: PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun dan memperkuat diri sebagai perusahaan penyedia layanan data terdepan. Selain membangun infrastruktur jaringan data dan melahirkan produk-produk digital berkualitas, XL Axiata juga terus membentuk mindset karyawan untuk lebih paham sehingga dapat mengaplikasi pemanfaatan tren digital untuk mendukung kemajuan perusahaan dan juga memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan