Ketua Komisi III Minta Polisi Bijak Sikapi Dinamika Jelang Aksi 4 November

Dibaca: 60502 kali  Selasa, 01 November 2016 | 09:12:22 WIB
Ketua Komisi III Minta Polisi Bijak Sikapi Dinamika Jelang Aksi 4 November
Ket Foto : foto internet

JAKARTA - riautribune : Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengingatkan seluruh pihak bersikap bijak dalam menyikapi dinamika jelang aksi unjuk rasa 4 November.

Khususnya, bagi aparat kepolisian yang akan mengamankan jalannya aksi. "Kita semua harus bersikap bijak namun waspada," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/11/2016).

Ia mengatakan, selama beberapa waktu terakhir ada upaya mengadu domba Polri dengan elemen masyarakat tertentu.

Upaya itu tampak dari tersebarnya pesan singkat berisi informasi yang tak bisa dipertanggungjawabkan di publik. Informasi tersebut, kata dia, apabila tidak disikapi dengan bijak tentu akan mengganggu stabilitas keamanan.

Sebab, informasi yang beredar berisi nada yang cukup provokatif. "Karena itu, seluruh jajaran Polri harus meningkatkan kewaspadaan dan merespons dengan cepat setiap hoax untuk memberi kepastian kepada masyarakat," ujarnya.

"Demi terjaganya kondusifitas di ruang publik, Polri harus cepat dan sigap merespons hoax seperti itu. Dalam menindak pelakunya, Polri pun harus bijaksana demi terjaganya keyakinan publik akan kemampuan Polri mengelola keamanan dan ketertiban umum," lanjut dia.

Aksi unjuk rasa bertajuk "Aksi Bela Islam" akan dilangsungkan pekan ini. Aksi tersebut digagas sejumlah ormas keagamaan di seluruh Indonesia.

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon dan Fahri Hamzah, direncanakan hadir saat unjuk rasa, yang menuntut proses hukum atas ucapan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama, yang menyitir salah satu ayat di dalam Al-Qur'an.(kmps)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Legislator" Index »