Peluang Peningkatan Sektor Perikanan dan Kelautan

Gubri Bersama Deputi KKP RI Tinjau TPI di Kota Dumai

Dibaca: 39777 kali  Rabu, 26 Oktober 2016 | 09:45:07 WIB
Gubri Bersama Deputi KKP RI Tinjau TPI di Kota Dumai
Ket Foto : Gubri bersama Deputi Kementrian Kelautan & Perikanan RI Tinjau Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Dumai.(Humas Pemprov Riau)

PEKANBARU-riautribune: Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman bersama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan Perikanan RI Rifki Hardiyanto mengunjungi Dumai untuk melihat potensi perikanan serta pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Dumai. Pada peninjauan tersebut turut hadir mendampingi Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo, Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, Tien Mastina serta satker terkait.

"Dumai memiliki potensi fasilitas kelautan dan perikanan yang dibangun dengan APBD Pemprov Riau. Harus dikembangkan agar dapat mendatangkan dan meningkatkan pendapatan asli daerah," ujar Gubri.

Gubri mengatakan bahwa Gedung Terminal Agri Bisnis di Kelurahan Purnama dan Balai Latihan Kerja dapat digunakan untuk pengembangan potensi sektor perikanan dan kelautan.Potensi lain yang dimiliki Dumai adalah laboratorium yang bisa dikembangkan dan difungsikan sehingga bermanfaat serta menjadi salah satu sumber pendapatan non-Migas Dumai.

Kepala Badan Pengembangan SDM KKP Rifki Hardiyanto mengatakan bahwa kunjungan ke Dumai kali ini dalam rangka untuk meninjau potensi daerah serta sarana prasarana pendukung perikanan.Hal tersebut dikarenakan Dumai termasuk salah satu wilayah pesisir pantai timur Sumatera yang ada di Provinsi Riau.

Gubri-Gubernur Jambi Teken MoU Kerjasama Andon Penangkapan Ikan
Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Provinsi Jambi menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) tentang Kerjasama Antar Daerah. MoU ditandatangani Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman dan Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli, di Kantor Badan Penghubung Provinsi Riau Jakarta.

Kerjasama ini diikuti dengan penandatanganan MoU tentang Andon Penangkapan Ikan, Budidaya dan Pemasaran Hasil Perikanan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau Tien Mastina dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi. Gubri yang akrab disapa Andi Rachman dalam sambutannya ketika penandatanganan MoU itu mengatakan, kerjasama antar dua provinsi bertetangga sangatlah strategis.

Gubernur Riau bersalaman dengan Gubernur Jambi Usai penandatanganan MoU kerjasama Andon penangkapan ikan, budidaya dan pemasaran hasil perikanan

Apalagi, daerah perbatasan Riau-Jambi baik laut maupun darat punya potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. "Mudah-mudahan apa yang kita lakukan hari ini mendapat ridho dari Allah SWT," ucap Andi.

Andi sangat optimis kerjasama ini membawa manfaat bagi masyarakat. Apalagi ke depan Sumatera akan terus berkembang seiring dengan dibangunnya jalan tol Sumatera, trans Sumatera dan pembangunan lainnya. Ada dua kabupaten yang berbatasan langsung, yakni Kabupaten Inhil, Riau dan Tanjung Jabung Barat, Jambi

Kedua kabupaten ini punya potensi dan kekayaan yang cukup besar untuk dikembangkan. Sebelumnya, Riau juga sudah menjalin kerjasama budaya dan wisata dengan Provinsi Kepri. "Kita ingin bersinergi untuk memajukan daerah kita," tegas Andi dalam pertemuan yang dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Riau dan Pemprov Jambi.
 
Diskanlut Riau Tabur 55 Ribu Benih Ikan Baung di Kabupaten Kabupaten Kampar

Dalam rangka menjaga keseimbangan perairan dan melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan di perairan, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau lakukan penebaran 55 ribu ekor bibit ikan jenis Baung di Danau larangan Sungai Tombang, Desa Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar.(adv)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Jumat, 24 November 2017 - 22:23:53 WIB

XL Axiata Ajak Karyawan Ciptakan Ideation dan Protoype Digital

PEKANBARU-riautribune: PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun dan memperkuat diri sebagai perusahaan penyedia layanan data terdepan. Selain membangun infrastruktur jaringan data dan melahirkan produk-produk digital berkualitas, XL Axiata juga terus membentuk mindset karyawan untuk lebih paham sehingga dapat mengaplikasi pemanfaatan tren digital untuk mendukung kemajuan perusahaan dan juga memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan