Festival Sagu Riau Pecahkan Rekor MURI

Dibaca: 53161 kali  Selasa, 25 Oktober 2016 | 12:25:35 WIB
Festival Sagu Riau Pecahkan Rekor MURI
Ket Foto :

PEKANBARU - riautribune : Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam rangka memecah rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan olahan menu makanan dan minuman yang berbahan baku sagu terbanyak di Indonesia akhirnya tercapai dengan Piagam penghargaan bernomor 7668/MURI/X/2016.

Rangkaian Riau Food Festival dengan tema "Sagu Menyapa Dunia" ini diadakan oleh Pemerintah Provinsi Riau bersama Pemkab Kepulauan Meranti dan Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI).

369 Jenis kuliner berbahan sagu yang dipajangkan di Festival Sagu Riau Menyapa Dunia berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), mengalahkan rekor MURI yang penah dipegang oleh Provinsi Ambon yakni sebanyak 308 makanan berbahan sagu pada tahun 2015 silam

Ratusan jenis makanan berbahan dasar sagu ini terlihat dihias semenarik rupa pada stan setiap kabupaten/kota dihalaman kantor Gubernur Riau Selasa (25/10/2016) pagi.

Ratusan makanan olahan makanan dari sagu ini diantaranya yaitu nasi goreng sagu, lontong sagu, nuget sagu, bola-bola sagu, bakwan sagu dan beragam jenis makanan lainnya yang terbuat dari sagu.

Terdapat 4 Piagam Penghargaan yang diserahkan oleh Senior Manajer MURI, Awan Raharjo kepada Pemprov Riau yang diterima langsung oleh Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman.

Kedua, piagam diserahkan kepada Pemkab Meranti diterima Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim. Kemudian piagam MURI juga diberikan ke Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) Pusat dan DPD Provinsi Riau.

"Ini merupakan kehormatan buat  MURI bisa melihat dan menilai secara langsung Kegiatan festival food berbahan dasar sagu di Provinsi Riau ini, dan kami yakin kesempatan ini bisa  membanggakan bangsa dan terus berkobar di negeri Indonesia, dimana rekor ini tidak kalah dengan yang ada di negara-negara lainnya," ujarnya.

Awan Raharjo juga mengatakan, MURI sebagai lembaga yang mencatat kegiatan superlatif yakni kegiatan yang terukur objeknya, baik kecil besarnya dan waktu tercepatnya, serta kejadian-kejadian unik sesuai kategori MURI.

"‎ MURI baru saja mencatat kegiatan luar biasa dalam kategori kuliner. Dimana sebelumnya rekor dipecahkan oleh Provinsi Ambon dengan 308 menu makanan berbahan dasar sagu," bebernya.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, diadakannya Riau Food Festival hari  ini untuk memperkenalkan sagu kepada dunia sebagai makanan khas untus menunjang pariwisata

"Sagu merupakan salah satu sektor unggulan milik Riau yang harus dipromosikan. Dan hari ini Riau berhasil memecah rekor MURI paganan berbahan dasar sagu terbanyak, dan kita yakin kedepan potensi yang ada di Riau ini memiliki nilai jual yang tinggi dan terus mengoptimalkan sagu sebagai salah satu bahan makanan unggulan kita," ungkap Andi Rachman.(hrc)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »