Jika Harga Rokok Naik,

Bea Cukai: Kami Akan Sosialisasi!

Dibaca: 39782 kali  Senin, 22 Agustus 2016 | 13:57:47 WIB
Bea Cukai: Kami Akan Sosialisasi!
Ket Foto : ilustrasi internet

JAKARTA - riautribune : Harga rokok diisukan akan mengalami kenaikan hingga Rp50 ribu pada tahun 2017. Isu ini beredar setelah adanya rencana kebaikan tarif cukai rokok oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai

Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi mengatakan bahwa rencana kenaikan cukai rokok juga masih akan dikaji lebih lanjut. Apabila tetap dinaikkan, maka Bea Cukai akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu dengan masyarakat dan segenap pengusaha lainnya.

"Kita akan melakukan sosialisi dan koordinasi," kata Heru di Kementerian Keuangan, Senin (22/8/2016).

Sebelumnya, Heru mengatakan bahwa kemungkinan cukai rokok akan mengalami kenaikan hingga 10 persen. Hanya saja, besaran kenaikan ini belum dapat dipastikan karena belum ada keputusan lebih lanjut dari pemerintah.

Seperti diketahui, Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia mengkaji harga rokok seharusnya dinaikkan setidaknya menjadi dua kali lipat atau setidaknya Rp50.000 per bungkus.

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan kajian tersebut, sejumlah perokok pun akan berhenti merokok jika harganya dinaikkan dua kali lipat. Survei dilakukan terhadap 1.000 orang melalui telepon dalam kurun waktu Desember 2015 sampai Januari 2016.(okz/rt)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Nasional" Index »

Rabu, 19 September 2018 - 11:04:12 WIB

Legislator Pertanyakan Dasar Penyusunan RUU Kerja Sama Pertahanan Luar Negeri

Anggota Komisi I DPR RI Supiadin Aries Saputra mempertanyakan peran Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara yang tidak dimasukkan sebagai dasar penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kerja Sama Luar Negeri Bidang Pertahanan, khususnya dalam pembahasan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) RUU Kerja Sama antara Indonesia dengan Arab Saudi dan Belanda di Bidang Pertahanan.