Jokowi Minta Pertamina dan PLN Sediakan Proyek untuk UKM

Dibaca: 61244 kali  Senin, 27 Juni 2016 | 15:43:41 WIB
Jokowi Minta Pertamina dan PLN Sediakan Proyek untuk UKM
Ket Foto : foto internet

 
JAKARTA - riautribune :Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada jajaran menteri kabinet kerja untuk melibatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam proyek ketenagalistrikan.

Keterlibatannya para pelaku UKM, kata Darmin, khususnya dalam pembuatan mikrohydro dan minihydro, serta transmisi yang selama ini ada di lingkungan PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero).

"Pertamina juga diminta oleh Presiden segera diidentifikasi apa saja kegiatan yang bisa dilaksanakan oleh UKM," kata Darmin di Komplek Istana, Jakarta, Senin (27/6/2016).

Darmin menyebutkan, Presiden Jokowi juga meminta kepada menteri kabinet kerja untuk menyiapkan aturan mainnya yang dideskripsikan dengan baik kegiatan usaha mikrohydro, mulai dari standarisasinya hingga proses lainnya.

"Sehingga dalam waktu dekat tentunya adalah bagaimana supaya dalam waktu dekat mulai lahir kegiatan-kegiatan yang dia itu menggunakan bahan-bahan dalam negeri, UKM, menciptakan lapangan kerja yang jumlahnya tergantung kegiatannya seberapa besar, kemudian melahirkan daya beli masyarakat," tambahnya.

Darmin menyebutkan, penyediaan proyek mikrohydro, minihydro dan transmisi oleh Pertamina dan PLN merupakan target jangka pendek dari Presiden Jokowi. Apalagi, proyek dengan skema yang tidak besar ini sudah diminati banyak pengusaha.

"Tetapi yang penting sekali harus dikomunikasikan, sehingga semua tahu standarnya dibuat terbuka, jelas, harganya, apanya, semua jelas. Sehingga tidak apa namanya, ada yang kemudian dapat informasi duluan, informasi lebih banyak, akibatnya dia yang bisa mendapatkan kegiatan," tutupnya.(Okz/rt)
 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Ekonomi" Index »