Pemko Nyatakan Siap Tuntaskan Sampah

Dibaca: 59032 kali  Senin, 20 Juni 2016 | 10:24:18 WIB
Pemko Nyatakan Siap Tuntaskan Sampah
Ket Foto : internet

PEKANBARU - riautribune : Berkaitan dengan adanya respon Gubernur Riau membantu mengatasi persoalan sampah di Pekanbaru, Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT melalui Sekda Drs H Mohd Noer MBS, SH, MH, MSi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Riau. Namun demikian menurut Walikota  untuk selanjutnya  Pemko Pekanbaru akan menuntaskan sendri penanganan sampah tersebut.

“Bapak Walikota menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Bapak Gubernur atas kepedulian terhadap penanganan sampah di Pekanbaru. Dan terimakasih atas bantuan Pemprov Riau menangani pengangkutan sampah di Jalan Agus salim  Jumat malam (17/06/2016). Namun untuk lebih lanjut, Pemko akan menuntaskan sendiri penanganan dan pengendalian sampah ini. Insya Allah ditargetkan dalam dua hari ini kondisi penanganan sampah akan kembali normal,’’ ujar Sekda kepada media seusai menggelar rapat khusus penanganan sampah, Sabtu (18/06/2016) di ruang rapat lantai tiga Kantor Walikota.

Ditambahkan Sekda bahwa Walikota juga mohon dukungan doa serta permohonan maaf kepada masyarakat  atas kondisi layanan penangan sampah dalam beberapa hari terakhir mengalami gangguan dan kendala yang cukup serius.

“Sebagaimana diketahui bahwa pengelolaan layanan penanganan sampah yang diserahkan kepada pihak ketiga  adalah atas amanah UU No 23 tahun 2014 tentang otonomi daerah, khusus urusan persampahan agar layanan kepada masyarakat lebih baik maka diamanahkan Pemda bekerjasama dengan pihak ketiga. Dan PT MIG adalah perusahaan yang memenangkan tender pengelolaan pengangkutan sampah di Pekanbaru. Tapi dalam perjalanannya, PT MIG  tidak mampu menyelesaikan tugasnya sebagaimana tertuang dalam perjanjian kontrak, yang berujung kepada pemutusan kontrak kerjasama,’’ujar Sekda lagi.

 Namun ungkap Sekda, dalam beberapa hari terakhir pasca pemutusan kontrak dengan pihak ketiga dimaksud, Pemko harus menyelesaikan persoalan administrasi dan keuangan yang masih berkaitan dengan PT MIG, serta pengendalian pengambilalihan layanan penanganan sampah yang melibatkan camat, Lurah, RW dan RT.

“Mohon doa dari semua kita dan seluruh masyarakat. Juga mohon dukungan semua pihak, terlebih lagi kepada seluruh masyarakat hendaknya tidak membuang sampah sembarangan atau dipinggir jalan yang bukan tempat penumpukan sampah sementara. Buanglah sampah ke TPS yang disepakati dengan RW RT dan Lurah antara jam 19.00 WIB-05.00 WIB, agar setelah petugas pengangkutan datang, tidak ada lagi sampah yang menumpuk di pinggir jalan,’’ ulas Sekda.

Sekda kembali menegaskan bahwa Tim yang sudah ditetapkan, malam ini sudah memulai aksinya mengangkut sampah di sejumlah titik.(ehm)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »