Pekan Ini Tatib Dewan Siap

DPRD Komit Percepat Kehadiran Wagub

Dibaca: 40338 kali  Senin, 13 Juni 2016 | 09:24:30 WIB
DPRD Komit Percepat Kehadiran Wagub
Ket Foto : Ilustrasi Internet

PEKANBARU-riautribune: Wakil rakyat di DPRD Riau menargetkan tata tertib atau tatib khusus dewan tentang mekanisme pemilihan wakil Gubernur selesai pekan ini. Penyelesaian tatib khusus ini tidak perlu menunggu selesainya revisi tatib dewan yang saat ini tengah dibahas Pansus revisi tatib. Isinya nanti soal klarifikasi calon yang diinginkan.

"Tatib khusus ini tak perlu berlama-lama, tidak perlu menunggu satu tatib selesai, minggu ini kami targetkan  selesai," kata Noviwaldy Jusman, Wakil Ketua DPRD Riau kepada wartawan.

Terkait teknis pembahasan tatib khusus ini, ia belum bisa memastikan apakah nantinya akan dibentuk kelompok kerja atau ditumpahkan ke Pansus revisi tatib dewan. Menurutnya, hal ini tergantung kepada hasil rapat Banmus nantinya.

Kemudian ia menjelaskan, tatib khusus dewan ini merupakan tatib internal dewan yang akan mengatur mekanisme pemilihan wakil Gubernur dengan sejumlah pengklarifikasiannya atau kriteria yang akan ditetapkan.

"Misalnya, calon itu harus sehat, batas umur 70 tahun, memiliki kompetensi. Kemudian, soal fit and proper test, nanti tergantung kesepakatan dewan, apakah dimasukkan atau tidak," ungkap politisi Demokrat ini.

Lebih lanjut dikatakannya, sampai saat ini Gubernur Riau belum mengirimkan dua nama sebagai calon wakil Gubernur Riau ke DPRD Riau. Padahal batas waktu 15 hari sejak pelantikan, tinggal beberapa hari lagi.

"Kita belum terima nama-nama calon dari Gubri, meski sudah kita surati. Kita harap secepatnyalah dikirim ke dewan," terang mantan anggota DPRD Kota Pekanbaru dua periode ini.(mbo)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Politik" Index »