RI Produsen CPO Terbesar Dunia, Tapi Minyak Goreng Kok Mahal

Dibaca: 39870 kali  Kamis, 02 Juni 2016 | 09:08:17 WIB
RI Produsen CPO Terbesar Dunia, Tapi Minyak Goreng Kok Mahal
Ket Foto : Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman.(internet)

JAKARTA-riautribune: Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, menyebut banyak terjadi anomali pada harga bahan kebutuhan pokok. Meski produksi di dalam negeri berlebihan, namun harga yang harus dibayar konsumen tergolong mahal.

Menurutnya, selain terjadi pada daging ayam, anomali paling kontras juga terjadi pada komoditas minyak goreng. Di sisi lain, Indonesia merupakan negara produsen minyak sawit (CPO) terbesar dunia.

"CPO ini kita produsen terbesar di dunia, kita ekspor hampir ke semua negara," ujar Amran ditemui di pabrik pakan ternak PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPI) di Balaraja, Tanggerang, Banten, Rabu (1/5/2016).

Menurut Amran, jika membandingkan antara stok dengan kebutuhan konsumsi minyak goreng, harga minyak goreng yang saat ini di atas Rp 13.000/kg, kondisi tersebut bisa disebut sebagai anomali. Kendati demikian, dia tak menyebut berapa target penurunan harga minyak goreng.

"Masa stok Bimoli (minyak goreng) ada 1,6 juta ton, kebutuhan hanya 400.000 ton, artinya stok kita 4 kali lipat, tapi harganya malah naik. Apa harga naik karena tetangga (bahan pokok lain) naik, kemudian dia ikutan naik," katanya.

Khusus untuk mendorong harga minyak goreng turun saat puasa dan Lebaran sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dirinya mengagendakan untuk bertemu dengan produsen minyak goreng dalam waktu dekat.

"Setelah bawang dan beras, kemudian ayam beres, selanjutnya saya mau minyak goreng (turun). Nanti saya ketemu dengan produsen CPO," tutup Amran.(dtc/rt)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Ekonomi" Index »

Rabu, 20 September 2017 - 14:54:07 WIB

Momo Gheisa Tiba di Rumah Duka, Isak Tangis Pun Membahana

Veronica Morina Sinaga atau yang dikenal sebagai Momo Geisha, tiba di rumah duka Jalan Kurnia, Kelurahan Labuh Baru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, pada Rabu (20/9/2017) sekitar pukul 12.50 WIB. Kedatangan Momo karena mendapat kabar, Sang Ayah Jabonar yang juga wartawan senior di Kabupaten indragiri Hulu Rengat.