Gempa Berkekuatan 6,5 SR, Warga Kota Padang Berhamburan ke Luar Rumah

Dibaca: 39679 kali  Kamis, 02 Juni 2016 | 08:23:36 WIB
Gempa Berkekuatan 6,5 SR, Warga Kota Padang Berhamburan ke Luar Rumah
Ket Foto : Foto Internet

PADANG-riautribune: Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter pada pukul 05.56 WIB, Kamis 2 Juni 2016, yang berlokasi di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, terasa kuat di Kota Padang. Warga yang merasakan guncangan tersebut, berhamburan ke luar rumah.

"Gempa. Gempa. Gempanya kuat," ujar salah seorang warga Bariang Indah, Kota Padang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa berkekuatan 6,5 SR terjadi di 79 kilometer barat daya Pesisir Selatan. Tepatnya di 2.29 Lintang Selatan, 100,46 Bujur Timur.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang Rahmat Triyono mengatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Sebab, kedalamannya hanya 70 kilometer dan kekuatan gempanya tidak terlalu besar. "Tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Kata dia, getaran gempa paling kuat dirasakan warga di sekitar Pesisir Selatan. Skala intensitas VI MMI atau masuk dalam ketegori kuat.

Hampir seluruh kawasan di Sumatera Barat diguncang gempa. Di antaranya, Bukittinggi, Padang Panjang, Solok Selatan, Mentawai, Sinjunjung, dan Kabupaten Limapuluh Kota.

"Di sini (Solok Selatan), kencang gempanya terasa," ujar Warga Muaro Labuah, Elsa.

Warga Bukittinggi Sony Irwan mengaku juga meraskan gempa. Namun, tidak terlalu kuat. "Berayun-ayun," ujarnya.(tempo.co/rt)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Nasional" Index »

Rabu, 19 September 2018 - 11:04:12 WIB

Legislator Pertanyakan Dasar Penyusunan RUU Kerja Sama Pertahanan Luar Negeri

Anggota Komisi I DPR RI Supiadin Aries Saputra mempertanyakan peran Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara yang tidak dimasukkan sebagai dasar penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kerja Sama Luar Negeri Bidang Pertahanan, khususnya dalam pembahasan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) RUU Kerja Sama antara Indonesia dengan Arab Saudi dan Belanda di Bidang Pertahanan.