Paling Murah Sedunia, Harga Rokok di Indonesia

Dibaca: 86425 kali  Sabtu, 28 Mei 2016 | 21:46:25 WIB
Paling Murah Sedunia, Harga Rokok di Indonesia
Ket Foto : Ilustrasi Internet

JAKARTA-riautribune: Penasihat Komisi Nasional Pengendalian Tembakau Kartono Muhammad menyebut harga rokok di Indonesia terlalu murah. Bahkan, harga rokok di Tanah Air diketahui termurah di dunia. Hal ini dinilai berbahaya, karena bisa memudahkan semua kalangan membeli rokok, termasuk pelajar. Ditambah lagi rokok di Indonesia dijual bebas di pasaran dan ada yang menjual secara ketengan.

"Rokok terlalu murah. Di dunia, rokok paling murah ya di Indonesia. Orang miskin, anak sekolah, bisa beli, bisa dijual ketengan, dibiarkan bebas," ujarnya, di Jakarta, Sabtu (28/5/2016).

Menurut Kartono, negara harus melindungi masyarakat dari bahaya merokok. Misalnya, tidak membiarkan rokok dijual bebas dengan harga murah. Pasalnya, harga yang murah membuat siapa pun bisa membeli. "Kalau mau melindungi jangan sampai anak kecil, orang miskin, bisa merokok," tegasnya.

Pihaknya pun melihat Rancangan Undang-Undang (RUU) Tembakau yang tengah dibahas parlemen lebih condong ke industri tembakau. "Kalau apa yang saya rasakan itu (RUU) lebih melindungi industri rokok, bukan melindungi petani tembakau apalagi masyarakat," tukas dia.(rmol/rt)

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Ekonomi" Index »

Sabtu, 21 September 2019 - 17:32:06 WIB

Pemko Turut Sukseskan KTNA Besok

PEKANBARU-riautribune: Pemerintah Kota Pekanbaru Siap Mensukseskan Acara Rembug dan Expo Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional tanggal 21-25 September 2019 mendatang. Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Pekanbaru, Syahmanar S Umar, acara ini bertemakan "Memaksimalkan Kuantitas dan Kualitas Produk Pangan Lokal Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia".