Fokus Garap Pasar Dalam Negeri

SHARP Resmikan Pabrik LED TV Terbarunya

Dibaca: 60007 kali  Kamis, 19 Mei 2016 | 08:03:08 WIB
SHARP Resmikan Pabrik LED TV Terbarunya
Ket Foto : (ki-ka) Direktur Industri Elektronika & Telematika Ditjen ILMATE Kemenperin RI Zakiyudin, TV Production Director SEID Satoshi Sakai, President Director SEID Fumihiro Irie, Executive Vice President of Consumer Electronics Company SHARP Corp Japan Akira Ata

KARAWANG-riautribune: PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) meresmikan pabrik LED TV terbarunya yang berlokasi di kawasan Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang, Jawa Barat. Peresmian pabrik ini ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Saleh Husin selaku Menteri Perindustrian RI. Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 11 ribu m2 dengan nilai investasi sebesar Rp 55 milyar ini dibangun khusus untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia akan LED TV yang permintaannya terus meningkat sebagai peralihan dari TV tabung. Memulai konstruksinya sejak Maret 2015, pabrik ini menjadi satu-satunya pabrik TV SHARP di ASEAN yang berfokus untuk menggarap pasar domestik, dengan kapasitas produksi yang ditingkatkan sebesar dua kali lipat dari tahun 2015. Dengan beroperasinya pabrik LED TV SHARP baru ini, SEID mematok target untuk meningkatkan market share dari 13,4 persen menjadi 25 persen.

“Indonesia memegang peranan sangat besar terhadap bisnis SHARP secara global. Dengan kontribusi lebih dari 40 persen dari total sales SHARP di ASEAN, Indonesia menjadi pasar terbesar ketiga untuk produk SHARP di luar Jepang setelah Cina dan Amerika Serikat. Beroperasinya pabrik LED TV baru SHARP di Karawang ini, yang hingga sekarang difokuskan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, adalah bukti betapa pentingnya Indonesia bagi SHARP. Diresmikannya pabrik ini sekaligus memperkokoh komitmen kami untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidup masyarakat di mana kami beroperasi. Kami bangga dan gembira karena kami tetap dipercaya untuk terus mendampingi konsumen Indonesia. Karenanya, terima kasih yang setinggi-tingginya kami ucapkan kepada seluruh konsumen, supplier, dealer, rekan-rekan media, serta para partner karena berkat dukungan merekalah kami dapat melangkah sejauh ini, mempertahankan posisi sebagai produsen TV terpenting di tanah air,” ungkap Irie.

Di pabrik barunya ini, SHARP akan memproduksi 11 model LED TV yang fitur-fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan maupun selera lokal Indonesia melalui riset yang dilakukan oleh tim khusus pengembangan produk SEID. Dengan penggunaan komponen lokal sebesar 30 persen, pabrik ini memproduksi LED TV dengan dua ukuran bentang layar, yaitu 32 inch sebanyak 70 persen dan sisanya 24 inch. Dalam mengoperasikan pabrik TV ini, SHARP menyerap sekitar 172 orang tenaga kerja lokal dan 1 orang tenaga kerja asing serta bekerja sama dengan 44 supplier lokal.

Salah satu model LED TV yang diproduksi di pabrik baru ini adalah SHARP AQUOS IIOTO. Dalam bahasa Jepang, IIOTO berarti good sound. Model ini merupakan LED TV berlayar datar yang didesain untuk menghasilkan kualitas gambar yang baik namun dengan fitur suara yang dahsyat menggelegar khas kesenangan masyarakat Indonesia, sebagai model ‘peralihan’ dari TV tabung ke TV layar datar. Model ini dilengkapi dengan built-in speaker sebagai tambahan tata suara; 4 speakers terdiri dari 3”-woofer dan tweeter guna memberikan output suara yang seimbang juga 2 speaker box untuk suara bass yang tebal dan dahsyat. Speaker box ini dilapisi oleh Punching-net Speaker Cover untuk memberikan alunan suara yang halus serta 5-band Equalizer untuk pilihan suara yang disesuaikan dengan selera konsumen.

Pabrik SHARP di Karawang merupakan perluasan dari pabrik sebelumnya di kawasan Pulo Gadung, Jakarta, yang mulai dibangun pada tahun 2012 guna meningkatkan kapasitas produksi lemari es dan mesin cuci. Dengan diresmikannya pabrik LED TV SHARP ini, maka seluruh pabrik SEID telah terintegrasikan di Karawang. Kawasan pabrik SEID di Karawang seluas 31 hektar dengan investasi sebesar Rp 1,2 triliun ini menjadi pabrik home appliances terbesar di antara pabrik SHARP lainnya di seluruh dunia.(rls/rt)

 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Fokus Riau" Index »

Sabtu, 15 Desember 2018 - 11:10:58 WIB

Pelantikkan DPC Demokrat oleh SBY Terasa Gezah

PEKANBARU-riautribune: Sekalipun sempat didera oleh peristiwa perusakkan baleho dan bendera partai Demokrat, gesa pelantikkan DPC Demokrat se Riau tetap terasa. Disaksikan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri dan pengurus DPP lainnya, seluruh pengurus DPC Partai Demokrat se-Riau resmi dilantik. Pengurus dilantik oleh Ketua DPD Partai Demokrat Riau, Asri Auzar di salah satu hotel, Pekanbaru, Sabtu (15/12/18).