Jelang Ramadan, Harga Cabai dan Bawang Merah Mulai Naik

Dibaca: 72805 kali  Kamis, 12 Mei 2016 | 12:29:38 WIB
Jelang Ramadan, Harga Cabai dan Bawang Merah Mulai Naik
Ket Foto : ilustrasi internet

SUBANG - Harga beberapa kebutuhan sehari-hari yang dijual pedagang di pasar tradisional Kabupaten Subang, utamanya jenis sayuran seperti cabai dan bawang merah terus mengalami kenaikan dalam sepekan terakhir. Kondisi tersebut membuat konsumen maupun pedagang eceran khawatir, apalagi menghadapi bulan Ramadan hampir dipastikan harga-harga akan terus naik.

Informasi pedagang, Rabu 11 Mei 2016 kenaikan harga-harga beberapa komoditas tersebut tak sekaligus, tetapi bertahap dalam sepekan terakhir. Kebanyakan komoditas yang mengalami kenaikan yaitu sayuran dan bumbu.

Misalnya, cabai, bawang merah, kol, buncis, dan tomat serta gula pasir. Bawang merah asalnya Rp 20 ribu per kilogram, sudah dua kali mengalami kenaikan menjadi Rp 36 ribu dan terakhir Rp 40 ribu. Kemudian cabai merah keriting asalnya Rp 25 ribu per kilogram menjadi Rp 32 ribu. Sedangkan gula pasir asalnnya Rp12 ribu menjadi Rp 14 ribu per kilogram.

"Mulai minggu lalu, beberapa harga terus naik. Padahal Ramadhan masih sebulan lagi, gimana nanti kalau sudah dekat, pastinya harga akan terus naik," kata Yati pedagang warungan yang menjual kebutuhan sehari-hari di daerah Soklat Subang.

Dia mengaku setiap ada kenaikan harga membuatnnya bingung menentukan harga jualnya lagi ke konsumen. Selain itu modal belanja juga menjadi bertambah akibat kenaika harga tersebut.

"Bingung juga mematok harga, soalnya kadang konsumen suka komplain. Walaupun akhirnnya bisa menerima tapi harus menjelaskan lebih dulu. Modal juga jadi nambah besar, kalau normal harusnya sudah dapat untung, eh pas belanja malah naik jadi malah nambah lagi biaya belanjannya," ujarnya.

Pedagang warung nasi di otista, Darsim mengatakan seminggu terakhir ada beberapa komoditas yang naik, di antaranya bawang merah, kol dan tomat. Walaupun belum berpengaruh ke makanan dagangannya, tetapi mulai khawatir. Sebab ramadhan masih cukup lama tetapi harga-harga sudah mulai naik.

"Ya khawatirnya harga-harga bakal terus naik, diikuti dengan komoditas lainya. Sekarang aja Ramadhan masih sebulan lagi sudah pada naik, apalagi nanti kalau semakin dekat," ucapnya,

Dikatakannya dari pengalaman Ramadan tahun-tahun sebelumnya, harga yang naik ada beberapa komoditas. Misalnya, daging ayam, daging sapi, telur serta beras. "Sekarang daging dan telur belum naik, tapi ke depan pastinya bakal naik lagi," tuturnya.

Dari data hasil pemantauan mingguan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Subang, per 9 Mei 2016 lalu terdapat beberapa komoditas yang sudah mengalami kenaikan. Cabai merah keriting asalnya Rp 25 ribu menjadi Rp 32 ribu per kilogram, cabai rawit merah asalnya Rp 24 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram, Bawang merah asalnya Rp 36 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram, kol asalnya Rp 7 ribu menjadi Rp 8 ribu per kilogram, buncis dari Rp 8 ribu menjadi Rp10 ribu, kedelai impor asalnya Rp 10 ribu menjadi Rp 12 ribu per kilogram, dan kacang hijau dari Rp 22 ribu menjadi Rp 23 ribu. Selain itu, harga gula pasir asalnya Rp 12 ribu menjadi Rp 14 ribu, dan Susu merek bendera asalnya Rp 9.500 menjadi Rp 10 ribu.(okz/rt)

 

Akses Riautribune.com Via Mobile m.riautribune.com
 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita "Ekonomi" Index »